8 Makanan Khas Lebaran dari Beras, Tak Melulu Ketupat

Kamis, 04 April 2024 - 02:32 WIB
loading...
A A A
Lemang yang terbuat dari beras ketan merupakan makanan khas Lebaran dari Minangkabau, Sumatera Barat. Kuliner ini dibuat dengan bahan dasar berupa beras ketan dan santan yang dimasak menggunakan bumbu hingga matang.

6. Sekubal

8 Makanan Khas Lebaran dari Beras, Tak Melulu Ketupat

Foto/YouTube Cooking With Michan

Sekubal, makanan khas Lampung yang terbuat dari olahan beras ketan dan santan yang dibungkus daun pisang dan dikukus. Dibandingkan ketupat, kuliner ini terbilang rumit membuatnya. Pasalnya, Anda perlu mengukusnya beberapa kali selama 5 jam sebelum menyantapnya bersama tapai ketan, rendang, gulai, dan sambal.

7. Lepet

8 Makanan Khas Lebaran dari Beras, Tak Melulu Ketupat

Foto/Endeus TV

Lepet dibuat dengan bahan dasar berupa beras ketan, kelapa parut, garam, kacang, dan santan yang dibungkus dengan daun kelapa muda. Penggunaan bahan-bahan tersebut membuat makanan dengan bentuk silinder ini memiliki rasa gurih yang khas.

Makanan ini dibuat dengan mengukus beras ketan hingga setengah matang, campur kelapa parut, daun pandan, dan garam. Menariknya lepet diikat dengan serat janur sebagai tali.

8. Tape Beras Ketan

8 Makanan Khas Lebaran dari Beras, Tak Melulu Ketupat

Foto/Endeus TV

Tape beras ketan dibuat dari ketan putih atau ketan hitam dengan cita rasa manis dan sedikit asam. Cara membuat makanan ini pun terbilang sederhana yakni dengan mengolah beras ketan melalui proses fermentasi.

Fermentasi ini akan memberikan cita rasa khas manis dan sedikit asam. Tape kemudian dibungkus dengan daun pisang, sehingga menambah aroma dan rasa yang khas.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2253 seconds (0.1#10.140)