Cimahi Dinobatkan sebagai Kota Kreatif, Sandiaga Uno: Bisa Jadi City Of Animation Level Dunia

Kamis, 04 April 2024 - 23:32 WIB
loading...
Cimahi Dinobatkan sebagai Kota Kreatif, Sandiaga Uno: Bisa Jadi City Of Animation Level Dunia
Menparekraf Sandiaga Uno menghadiri workshop KaTa Kreatif di Kota Cimahi, Jawa Barat, Kamis (4/4/2024). Foto/MPI/Ferry Bangkit Rizki
A A A
CIMAHI - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut bahwa Kota Cimahi berpeluang dinobatkan sebagai Kota Animasi di level dunia. Seperti halnya Bandung yang telah dinobatkan menjadi salah satu dalam jaringan kota kreatif UNESCO Creative Cities Network.

"Siapa tahu karena Bandung sudah menjadi UNESCO sebagai city of design, jangan-jangan (Cimahi) ini bisa jadi city of animation di level dunia," kata Sandiaga Uno usai menghadiri Workshop Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif 2024 yang digelar di Alam Wisata Cimahi, Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi, Jawa Barat, pada Kamis (4/4/2024).

Menparekraf mengatakan, Cimahi memang hanya sebuah kota kecil namun memiliki daya tarik dengan keberadaan industri kreatifnya yang sudah mendunia. Mulai dari animasi, video, kuliner sampai fesyen, sehingga sejak tahun 2021 dinobatkan sebagai Kota Kreatif di Indonesia.



"Cimahi ini kota kecil yang punya daya tarik. Kita bisa tingkatkan karena ini sudah jadi kota kreatif di Indonesia. Bersyukur Cimahi sudah ditetapkan jadi kota kreatif. Ada subsektor unggulannya itu animasi, video, fesyen," beber Sandiaga.

Dengan semakin berkembangnya industri kreatif di Kota Cimahi hingga ke level dunia, kata Sandiaga Uno, maka lapangan pekerjaan pun bakal kian terbuka lebar. Sehingga keunggulan yang dimiliki Kota Cimahi ini harus terus dikembangkan dan harapannya bisa menjadi City of Animation level dunia.

"Jadi harapannya ini bisa menciptakan peluang-peluang lapangan kerja yang banyak dan para tokoh Cimahi, tokoh mudanya, bisa juga membuat usaha yang memperkenalkan Kota Cimahi lebih mendunia," kata Menparekraf.

Untuk membantu mengembangkannya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan terus menggalakkan Workshop Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif tahun 2024 yang merupakan program pengembangan kabupaten/kota kreatif untuk meningkatkan inovasi dan kewirausahaan pelaku ekonomi kreatif di semua daerah di Indonesia.



"Ini lokasi ke-3 kami roadshow. Kami ingin memahami butuhnya apa (para pelaku ekonomi kreatif) semakin meningkat," kata Sandiaga Uno.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno memberikan motivasi kepada para pelaku ekonomi kreatif di Kota Cimahi. Dia meminta para pengusaha lokal ini jangan pantang menyerah meskipun pernah diterpa kegagalan.

"Mari kita terapkan 3G, yakni gercep alias gerak cepat, geber itu gerak bersama, dan gaspol," ujar Sandiaga Uno.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)