Waspadai Makanan Bersantan usai Lebaran, Perhatikan Porsinya

Sabtu, 13 April 2024 - 06:00 WIB
loading...
Waspadai Makanan Bersantan usai Lebaran, Perhatikan Porsinya
Makanan khas Lebaran kaya santan. Anda pun harus hati-hati, terutama pemilik kolesterol. Foto/ Instagram
A A A
JAKARTA - Banyak momen yang dinantikan saat Lebaran. Tidak hanya berkumpul bersama keluarga, juga mencicipi berbagai makanan khas, dari ketupat sayur, opor ayam hingga rendang.

Makanan-makanan tersebut tentunya sangat lezat. Namun, menggunakan bahan dasar santan, tentunya harus hati-hati, terutama bagi Anda yang memiliki riwayat kolesterol .



Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Doddy Rizqi Nugraha, Sp.PD mengatakan tidak masalah jika makan santan, asalkan tidak berlebihan.

“Asrobu waratusrifu innahu layuhibbul masrifin. Jadi Allah itu gak suka sama yang berlebihan. Kita disuruh makan dan minum bebas asal gak berlebih,” ujar dr Doddy seperti dikutip dari Instagram @dr.doddyrizqi.

Selain itu, sebelum makanan bersantan, sebaiknya kenali dulu profil kesehatan Anda. Misalnya ada riwayat kolesterol tetap boleh makan santan, asal tidak berlebih.

“Nasi sedikit aja, daging ya sudah maksimal tiga potong. Kalau saya biasanya menggunakan rumus, kalau pengen satu aja, kalau pengen banget tiga potong,” tutur dia.



Menurutnya momen Lebaran yang satu kali ini sayang bila makan dibatasi. “Kangan lupa untuk tetap makan sayur. Ada timun dan selada dimakan, jangan jadi hiasan aja,” jelasnya.

“Misalnya kamu pengen makan kue nastar, tapi ada sakit kencing manis misalnya atau lagi diet, cobain satu aja daripada ngiler,” ujar dia lagi.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2198 seconds (0.1#10.140)