Kourtney Kardashian Minum ASI-nya Sendiri untuk Atasi Mual, Apa Manfaatnya bagi Kesehatan?

Minggu, 14 April 2024 - 08:30 WIB
loading...
Kourtney Kardashian Minum ASI-nya Sendiri untuk Atasi Mual, Apa Manfaatnya bagi Kesehatan?
Kourtney Kardashian mengaku meminum ASI-nya sendiri setelah merasa mual. Pengakuan mengejutkan ini diungkap Kourtney melalui Instagram Story pribadinya. Foto/Vanity Fair
A A A
JAKARTA - Kourtney Kardashian mengaku meminum ASI-nya (Air Susu Ibu) sendiri setelah merasa mual dan sedikit tidak enak badan. Pengakuan mengejutkan ini diungkap Kourtney melalui unggahan di Instagram Story pribadinya.

Kourtney membagikan selfie ke Instagram Story pada Kamis, 11 April 2024, di mana dia terlihat mengacungkan jempol dengan filter lucu di wajahnya. Istri Travis Barker ini pun mengungkap bahwa dirinya meminum segelas ASI demi kesehatannya.

"Filter ini gila dan saya baru saja meminum segelas ASI karena saya merasa mual. Selamat malam!" tulis Kourtney dikutip dari The Independent, Minggu (14/4/2024).

Pengobatan rumahan untuk menyembuhkan penyakit bukanlah hal baru. Berkumur air hangat dengan garam untuk sakit tenggorokan, minum jus plum sebagai pencahar alami, atau menambahkan jahe segar ke dalam apa pun dipercaya bisa memberikan manfaat kesehatan.



Namun apakah ASI benar-benar obat yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit seperti yang dilakukan Kourtney?

Tidak diragukan lagi bahwa ASI menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi bayi yang sedang menyusui. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, ini tidak hanya merupakan sumber nutrisi terbaik bagi bayi, tetapi juga dapat membantu melindungi bayi dari beberapa penyakit seperti asma, obesitas pada masa kanak-kanak, dan diabetes tipe 1.

Sementara bagi orang dewasa, minum ASI dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan ada pasar online bagi pembeli ASI dewasa. Namun, para ahli berbeda pendapat mengenai meminum ASI sebagai tren kesehatan, mengingat belum banyak penelitian mengenai hal tersebut.

Sebuah studi 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Royal Society of Medicine memperingatkan agar tidak meminum ASI dalam keadaan tidak dipasteurisasi setelah para peneliti mengidentifikasi bakteri dalam 93 persen sampel ASI yang diuji. Karena ASI adalah cairan tubuh, maka ada pula risiko seseorang terkena penyakit, seperti hepatitis B dan C, HIV-1/2, HTLV-I&II, dan sifilis.



Di sisi lain, ASI juga dianggap sebagai pengobatan topikal yang potensial untuk berbagai kondisi kulit, luka bakar, infeksi mata, atau ruam. Pada 2013, Kim Kardashian meminum ASI saudaranya, Kourtney untuk membantu mengobati psoriasisnya.

Baru-baru ini, Serena Williams mengungkapkan dia menggunakan ASI putrinya untuk mengobati sengatan matahari di wajahnya. Menurut sejarawan Marylynn Salmon, ASI umumnya digunakan sebagai pengobatan untuk menyembuhkan segala penyakit sejak abad ke-17 dan ke-18 di Inggris dan Amerika.

Masih banyak penelitian yang perlu dilakukan mengenai manfaat minum ASI pada orang dewasa. Oleh karena itu, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter sebelum ikut serta dalam tren ini.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1846 seconds (0.1#10.140)