7 Makanan yang Ampuh Turunkan Kolesterol, Wajib Dikonsumsi Pasca-lebaran

Senin, 15 April 2024 - 04:47 WIB
loading...
7 Makanan yang Ampuh Turunkan Kolesterol, Wajib Dikonsumsi Pasca-lebaran
Ancaman kolesterol tinggi pasca-lebaran harus diwaspadai. Mengatasinya bisa mengonsumsi makanan yang ampuh turunkan kolesterol. Foto/ hearstapps
A A A
JAKARTA - Ancaman kolesterol tinggi pasca-lebaran harus diwaspadai. Pasalnya, masakan Lebaran banyak mengandung lemak dan bisa berisiko menaikan kadar kolesterol.

Tingginya kolesterol juga memicu beberapa komplikasi penyakit, seperti serangan jantung, hingga stroke.



Namun, tidak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk mengembalikan kadar kolesterol kembali normal. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat selerti buah-buahan dan sayuran

Penasaran, makanan apa saja yang bisa menurunkan kadar kolesterol dan cocok dikonsumsi pasca lebaran? Simak informasinya, dilansir Harvard Health Publishing, Minggu (14/4/2024).

Makanan Penurun Kolesterol

1. Kedelai
Mengonsumsi kedelai dan olahannya, seperti tahu dan susu kedelai, disebut-sebut sebagai cara ampuh menurunkan kolesterol. Analisis menunjukkan bahwa efeknya lebih sederhana – mengonsumsi 25 gram protein kedelai sehari (10 ons tahu atau 2 1/2 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan LDL sebesar 5% hingga 6%.

2. Ikan berlemak
Makan ikan dua atau tiga kali seminggu dapat menurunkan LDL dengan dua cara: dengan mengganti daging, yang mengandung lemak jenuh penambah LDL, dan dengan memberikan lemak omega-3 penurun LDL.

Omega-3 mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya irama jantung yang tidak normal.

3. Alpukat
Alpukat adalah satu-satunya buah yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, dengan 5 gram per sepertiga ukuran alpukat.

Ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah Anda, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Gandum
Selanjutnya ialah mengonsumsi gandum atau oatmeal. Gandum kaya akan serat yang dapat menurunkan kadar lemak darah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1045 seconds (0.1#10.140)