Mencicipi Wedang Tape Ketan Hitam, Kuliner Legendaris Bojonegoro yang Eksis sejak 1950

Rabu, 17 April 2024 - 08:08 WIB
loading...
A A A
Menurut Lia, dari awal berjualan sejak neneknya hingga sekarang, takaran wedang tak mengalami perubahan. Hanya, ia mengaku tak terlalu paham soal takaran tersebut, mengingat yang lebih tahu komposisinya adalah sang suami, Totok Suyanto.

“Yang meracik dan menakar itu suami saya. Saya tinggal meraciknya di gelas – gelas,” kilahnya.



Dari jumlah tersebut, maksimal 50 gelas wedang tape ketan hitam laris dibeli pembeli. Jumlah tersebut bertambah saat masa libur tiba, terlebih di momen libur lebaran di mana banyak pemudik dari Bojonegoro yang pulang kampung.

“Bila waktu libur ya sekitar 80 gelas. Biasanya malah lebih segitu,” bebernya.

Bagi Anda yang ingin menikmati segelas wedang tape ketan hitam, cukup merogoh kocek Rp6.000 untuk gelas ukuran sedang dan Rp12.000 untuk gelas berukuran jumbo.

Di samping menjajakan wedang tape ketan hitam, menu andalan lain yakni rujak cingur. Makanan khas Jawa Timur itu dibanderol dengan harga per porsi Rp17.000, bila tambah nasi menjadi Rp20.000 per porsi.
Mencicipi Wedang Tape Ketan Hitam, Kuliner Legendaris Bojonegoro yang Eksis sejak 1950

MPI/Avirista Midaada

“Ya kalau normalnya porsi menghabiskan 4-5 kilogram cingur. Tapi kalau lagi ramai liburan bisa sampai menghabiskan 8 kilogram cingur,” katanya.

Seorang pelanggan Mochammad Syafi’i mengatakan, wedang tape ketan hitam di warung ini memiliki citra rasa yang tak berubah sejak dulu.

“Aroma tape ketan hitam dibalut santannya begitu terasa. Salah satu kuliner legendaris di Bojonegoro ini. Kalau pulang kampung nyempatkan nyobain ini, bikin kangen rasanya," ucap Syafi'i.

Syafi'i mengaku, sering membeli wedang tape maupun rujak cingur di Warung Ireng. Apalagi menu tersebut sudah ada sejak ia masih kecil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)