5 Perbedaan Adidas Samba, Spezial, dan Gazelle

Kamis, 18 April 2024 - 23:58 WIB
loading...
5 Perbedaan Adidas Samba, Spezial, dan Gazelle
Tampak serupa, namun sejatinya ada sejumlah perbedaan antara Adidas Samba, Spezial, dan Gazelle. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Tampak serupa, namun sejatinya ada sejumlah perbedaan antara Adidas Samba, Spezial, dan Gazelle. Apakah itu?

Adidas dikenal sebagai merek apparel asal Jerman, dengan salah satu produknya, yakni sepatu olahraga, yang sudah tersohor di seluruh dunia. Brand ini dinamai sesuai nama pendirinya, Adolf (Adi) Dassler, yang mulai memproduksi sepatu pada tahun 1920-an di Herzogenaurach. Selama bertahun-tahun Adidas telah menjadi bagian dari dunia olahraga. Tak hanya sepatu, brand ini juga menawarkan pakaian serta beragam aksesori pelengkap olahraga yang bernilai seni.

Sepatu ikonik Adidas di antaranya Samba, Spezial, dan Gazelle. Adidas Samba pertama kali dirilis pada 1949, jelang penyelenggaraan Piala Dunia FIFA di Brasil. Itu sebabnya, seri sepatu yang awalnya didedikasikan untuk olahraga sepakbola ini dinamakan Samba.



Adapun Gazelle hadir hampir 20 tahun kemudian setelah Samba, tepatnya pada 1966. Gazelle pertama kali diperkenalkan sebagai sepatu trainer dan kini menjadi ikon budaya yang seolah tidak pernah ketinggalan zaman.

Sementara Adidas Spezial pertama kali dirilis pada 1979, yang awalnya dirancang khusus untuk pemain handball. Seperti sepatu ikonik Adidas lainnya, Spezial juga berhasil meraih popularitas di kalangan atlet dan penggemar olahraga.

Perbedaan Adidas Samba, Spezial, dan Gazelle

1. Awal Peruntukannya

Adidas Samba dan Gazelle awalnya dirancang khusus untuk para atlet ataupun penggemar olahraga sepakbola. Sementara Adidas Spezial, mulanya didesain untuk olahraga handball.

2. Desain dan Solnya

Gazelle memiliki panel toebox yang jauh lebih pendek dibandingkan Samba. Perbedaan juga terlihat pada konstruksi utamanya, yakni kaki bagian tengah Gazelle yang sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan Samba.

Dari sisi solnya, Adidas Spezial lebih sering menggunakan gum sole. Sementara Gazelle lebih sering memakai rubber sole. Adapun Adidas Samba kerap menggunakan cupsole berwarna cokelat gelap.

Untuk outsole-nya, Adidas Gazelle memiliki pola Trefoil, berbeda dengan dua varian sepatu yang lain.

3. Tampilan pada Heel Path

Adidas Gazelle biasanya dilengkapi logo Trefoil, sama seperti Samba. Sementara Spezial hanya dilengkapi tulisan Adidas atau bahkan polos sama sekali.

Adidas Samba biasanya memiliki logo persegi panjang halus yang rata dengan lidah (tongue). Untuk Gazelle, branding lidahnya dihilangkan dan menampilkan logo lain di bagian tumit, ditambah branding lateral yang lebih besar jika dibandingkan dengan Samba.


4. Tampilan Tongue

Adidas Samba memiliki tongue polos ditambah logo Trefoil berwarna biru. Sementara pada Gazelle, tongue-nya tampak memiliki tekstur. Adapun Adidas Spezial, tongue-nya lebih panjang dan menampilkan tulisan Adidas beserta logo Trefoil berukuran kecil.

5. Bahan yang Digunakan

Perbedaan bahan yang digunakan terlihat jelas antara Samba dan Gazelle. Untuk Samba, hampir selalu memilih atasan berbahan kulit dengan sedikit suede di bagian toebox. Sementara Gazelle biasanya mengenakan suede dekaden dan sentuhan kulit pada branding Three Stripes.

Adapun Adidas Spezial, bahannya adalah suededangumsole.

Selain itu, Samba biasanya menggunakan busa EVA ringan dengan titik tekanan di sol luar. Sedangkan Gazelle memiliki midsole karet yang tahan lama dengan outsole segi enam yang halus.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0906 seconds (0.1#10.140)