Penahanan Harvey Moeis Suami Sandra Dewi Diperpanjang Jadi 40 Hari

Jum'at, 19 April 2024 - 11:40 WIB
loading...
Penahanan Harvey Moeis Suami Sandra Dewi Diperpanjang Jadi 40 Hari
Suami Sandra Dewi, Harvey Moeis ditahan hingga 40 hari karena kasus korupsi timah. Penahanan Harvey diperpanjang setelah mendekam di Rutan Salemba 20 hari. Foto/Instagram Sandra Dewi
A A A
JAKARTA - Suami Sandra Dewi , Harvey Moeis ditahan hingga 40 hari karena kasus korupsi timah yang merugikan negara Rp271 triliun. Penahanan Harvey diperpanjang setelah mendekam di Rutan Salemba, Jakarta selama 20 hari.

Kapuspenkum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana mengatakan bahwa jaksa penuntut umum (JPU) menahan Harvey hingga 40 hari. Ini artinya, suami Sandra Dewi itu akan kembali mendekam di Rutan Salemba dari 16 April hingga 25 Mei 2024.

“Sudah diperpanjang oleh jaksa penuntut umum 40 hari kedepan. Dari tanggal 16 sampai 25 Mei,” kata Ketut di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta pada Kamis, 18 April 2024.

Perpanjang masa tahanan Harvey, dijelaskan Ketut bukan tanpa alasan. Jaksa penuntut umum sendiri memiliki kewenangan untuk menahan pria 38 tahun itu dan tersangka korupsi lainnya.





Terlebih, jika penyidikan belum selesai dilakukan. Sehingga, ada kemungkinan seorang tersangka akan ditahan hingga sidang berlangsung.

“Kita punya kewenangan untuk menahan kurang lebih 60 hari, 20 hari oleh penyidik. Diperpanjang oleh penuntut umum 40 hari,” jelasnya.

Harvey Moeis ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi tata niaga komoditas timah wilayah izin usaha pertambangan (IUP) PT Timah Tbk dalam periode 2015 hingga 2022 pada Rabu, 27 Maret 2024.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Kejaksaan Agung langsung menahan Harvey di Rutan Salemba di Kejari Jakarta Selatan. Pada 1 April 2024, Kejaksaan Agung telah menggeledah rumah Harvey dan Sandra.



Dari penggeledahan yang dilakukan di rumah mewah di kawasan Pakubuwono, Jakarta Selatan itu, penyidik berhasil menyita sederet aset. Mulai dari mobil Rolls Royce, Mini Cooper, jam tangan, hingga dokumen, elektronik.

Terbaru, Kejaksaan Agung menyita mobil Vellfire dan Lexus milik Harvey terkait korupsi yang menjeratnya. Sebelumnya, Sandra juga telah diperiksa penyidik mengenai sejumlah rekening sang suami yang telah diblokir.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2650 seconds (0.1#10.140)