3 Cara Cerdas Mengubah Anak Menjadi Pemakan Sehat

Selasa, 18 Agustus 2020 - 05:17 WIB
loading...
3 Cara Cerdas Mengubah Anak Menjadi Pemakan Sehat
Tidak mudah mengubah anak Anda menjadi pemakan yang sehat. Drama di meja makan kerap terjadi setiap kali sesi makan berlangsung. Bagaimana mengatasinya? Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Tidak mudah mengubah anak Anda menjadi pemakan yang sehat. Drama di meja makan adalah sesuatu yang diketahui orang tua setiap kali sesi makan berlangsung. Dari balita hingga remaja, mereka sangat pemilih tentang apa yang ingin mereka makan. Tentu ini perjuangan bagi Anda.

Sering kali, orang tua akhirnya memaksa anak untuk mengkonsumsi makanan sehat. Jika Anda kesulitan dengan masalah ini, seperti dilansir Times of India, ada beberapa cara mengatasi agar buah hati Anda suka dengan makanan sehat.

1. Jaga agar ngemil seminimal mungkin
Ngemil itu baik, tapi hanya jika dilakukan dengan cara yang sehat. Anak-anak suka menyantap minuman manis, sereal, atau makanan ringan seperti keripik dan biskuit secara teratur. Ini paling cocok jika Anda menyimpan opsi ini di rumah seminimal mungkin.

Meskipun tidak disarankan Anda menghentikannya sama sekali atau mengadopsi pendekatan negatif, maka di sini menjadi kunci makan sehat. Jika anak Anda memberinya camilan, waktu makan pasti akan sulit. Jadi, biarkan mereka sesekali ngemil, kemudian dorong mereka untuk mengunyah makanan yang lebih sehat dan penuh nutrisi, seperti stik sayuran dan buah-buahan. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan pilihan yang sehat.

2. Bereksperimen dengan penyajian makanan
Jika masalah yang Anda hadapi adalah picky eater, Anda tidak menyukai apa yang ada pada makanannya, cobalah untuk mengubah dengan cara memasak atau menyajikannya yang berbeda. Misalnya, buah-buahan dapat dicampur dengan menu sarapan biasa mereka. Anda juga bisa mencoba gaya makeover makanan. Ada banyak ide yang tersedia di internet.

3. Terus memperkenalkan pilihan makanan yang lebih baru
Anak-anak tidak tumbuh secara dominan tidak menyukai semua pilihan makanan. Coba dan berinovasi dengan apa yang Anda hadirkan di hadapan mereka. Ingat, orang dewasa juga memiliki selera yang berbeda. (Baca juga: 5 Cara Mengajak Anak Merayakan Hari Kemerdekaan Saat Pandemi ).

Beri mereka waktu untuk beradaptasi dan menyukai makanan sendiri. Pada saat yang sama, ketika Anda memberi mereka sesuatu yang baru untuk dicoba, jangan memberi mereka makan berlebihan. Sajikan mereka sedikit makanan pada awalnya dan serahkan pada mereka untuk memutuskan apakah mereka menginginkan lebih atau tidak. Alih-alih membatasi, biarkan mereka membuat pilihan sendiri.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1287 seconds (0.1#10.140)