lndieland X Soundsations Beri Ruang untuk Musik Indie

Kamis, 13 Desember 2018 - 18:01 WIB
lndieland X Soundsations Beri Ruang untuk Musik Indie
lndieland X Soundsations Beri Ruang untuk Musik Indie
A A A
JAKARTA - Musisi indie dari berbagai daerah di Indonesia siap unjuk gigi. Mereka akan tampil di lndieland ”Land of Expression” di Scientia Squre Park, Summarecon Digital Center, Tangerang, pada 15 Desember 2018 mendatang.

Panggung musik ini menjadi yang pertama dilakukan Java Indonesia Project (JIP) bersama Soundsations dengan melibatkan 5 band indie papan atas Indonesia dan 14 band indie hasil audisi IndieLand pada dua bulan terakhir.

Adapun musisi kenamaan yang akan tampil, yakni The Groove, Maliq & D'Essentials, Diskopantera, Sisitipsi, dan Riuh Sunyi. lkrar Ariandara (Ryan) selaku Project Director dari Java Indonesia Project (JIP) mengatakan saat ini industri musik di Tanah Air tak terlepas dari musik indie.

”Musik Indie adalah semangat pergerakan yang bebas untuk menghasilkan karya tanpa campur tangan label atau pemain besar di industri musik sendiri. Semangat untuk mencari peluang demi memajukan dan menunjukan karya kepada khalayak luas menjadi poin penting dalam pergerakan musik indie saat ini,” kata Ryan.

Untuk itu, lndieland x Soundsations ini diselenggarakan dengan tujuan memberikan ruang kepada musisi indie untuk bisa mengeksplorasi dalam berkarya dan memasarkan karya mereka kepada penikmat musik yang lebih luas.

Dengan konsep besar performers meet industry acara Indieland “Land of Expression” memberikan pengalaman baru dan berbeda kepada musisi indie untuk bebas berekspresi.

lndieland X Soundsations ini turut digawangi Reza Pamungkas sebagai salah satu advisor yang pernah berkecimpung di dunia industri music.

"Meskipun nantinya band-band indie jebolan lndielan X Soundsation ini memiliki sebuah naungan label, mereka haruslah tetap memiliki identitas tersendiri, karena independency adalah nafas dari sebuah band indie, itu tidak dapat ditawar, tugas kami disini memfasilitasi tanpa melunturkan identitas mereka” bebernya.

Perjalanan lndieland yang sudah dimulai sejak November 2018 dengan membuka kesempatan bagi semua band di 7 lokasi untuk bisa bergabung dengan mendaftarkan karyanya pada website resmi lndieland www.'avaindonesia ro'ect.co.id indieland.

Setelah terkumpul, karya-karya tersebut dikurasi oleh Gara Gara Musik, sebuah komunitas yang peduli akan kemajuan musik indie. Gara Gara Musik ini digawangi Rudy Irawan dari JIP, Fia (Riuh Sunyi) dan Tania Samantha.

Mereka berhasil menyeleksi 350 lagu untuk dipilih 70 band yang akan mengikuti offline audition ”Road To lndieland” yang terbagi di 7 titik wilayah di 3 provinsi dan dikurasi oleh kurator-kurator ternama, seperti Adoy (Bonita & The Husband), Fia (Riuh Sunyi), Adzie Ruslan (Parkir Musik), Viddy Supit (Founder FORMI), Gatot Suryo (Kamar Musik Nusantara), dan Alex Kuple (Bassist ternama lndonesia).
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4836 seconds (0.1#10.140)