4 Penyebab Leher Kaku dan Cara Mengobatinya, Tak Melulu Kolesterol

Minggu, 21 April 2024 - 11:00 WIB
loading...
A A A

4. Meningitis


Meningitis adalah peradangan di area sekitar otak dan sumsum tulang belakang. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Itu adalah salah satu penyebab paling serius dari leher kaku yang dapat menyebabkan kerusakan permanen pada tubuh jika tidak segera diobati.

Pengobatan leher kaku tergantung pada apa yang menyebabkannya. Perawatan di rumah yang paling umum untuk leher kaku meliputi beristirahat atau menghindari aktivitas yang menyebabkan kekakuan.

NSAID yang dijual bebas (OTC). Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan sebelum menggunakan NSAID selama lebih dari 10 hari berturut-turut. Sementara pengobatan untuk kekakuan leher yang disebabkan oleh radang sendi biasanya mencakup perawatan di rumah yang tercantum di atas.

Penyedia layanan kesehatan atau terapis fisik mungkin memberi Anda peregangan atau latihan untuk memperkuat otot-otot di leher Anda. Sedangkan leher kaku karena meningitis meliputi obat untuk mengobati virus, bakteri atau jamur yang menyebabkan infeksi. Kortikosteroid, dan cairan IV (intravena).

Di sisi lain, terkadang leher kaku menjadi lebih baik dengan sendirinya tanpa perawatan. Kunjungi dokter jika Anda mengalami kesulitan menggerakkan leher atau tidak dapat menggerakkannya sejauh yang biasanya Anda bisa dan gejala Anda tidak membaik dalam beberapa hari.

(dra)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3152 seconds (0.1#10.140)