5 Makanan untuk Membantu Berhenti Merokok, Termasuk Permen Karet

Minggu, 28 April 2024 - 07:00 WIB
loading...
5 Makanan untuk Membantu Berhenti Merokok, Termasuk Permen Karet
Makanan untuk membantu berhenti merokok bisa menjadi pilihan bagi ingin terbebas dari tembakau. Melawan keinginan merokok sulit, namun bukan tidak mungkin. Foto/NBC News
A A A
JAKARTA - Makanan untuk membantu berhenti merokok bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin terbebas dari tembakau. Melawan keinginan merokok memang sulit, namun bukan tidak mungkin, lantaran ada banyak hal yang dapat membantu mencapai tujuan tersebut.

Meskipun makanan tertentu tidak secara langsung membantu Anda berhenti merokok, makanan tersebut dapat membantu mengurangi keinginan untuk merokok. Makanan ini memiliki efek positif terhadap penghentian tembakau dan nikotin, yang dapat membantu orang berhenti merokok .

Jika Anda ingin berhenti merokok atau sedang mencoba, dapat mencoba menambahkan makanan dan minuman ini ke dalam menu makanan sehari-hari. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa rokok merenggut lebih dari 8 juta jiwa setiap tahunnya.

Makanan untuk Membantu Berhenti Merokok



Berikut rekomendasi makanan untuk membantu berhenti merokok dilansir dari Health Shots, Minggu (28/4/2024).



1. Makanan Kaya Vitamin C


Makanan tinggi vitamin C, seperti jeruk, stroberi, dan paprika, dapat membantu mengurangi keinginan untuk merokok. Vitamin C diketahui meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nikotin dan mengeluarkannya dari sistem dengan lebih efisien.

Faktanya, vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang melemah karena merokok, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan selama proses berhenti merokok. Selain itu, makanan yang mengandung vitamin D dan vitamin B12 juga baik untuk perokok, karena merokok diketahui menyebabkan penurunan penyerapan nutrisi sehingga menyebabkan defisiensi.

2. Produk Susu


Produk susu seperti susu, krim, mentega, yogurt, dan keju, mengandung senyawa yang disebut kasein, yang terbukti mengurangi keinginan merokok. Susu dan produk susu diketahui dapat mengubah rasa merokok, sehingga dapat membantu seseorang untuk berhenti merokok jika seseorang mau.

3. Teh Hijau


Teh hijau adalah salah satu minuman paling efektif untuk menghindari rokok. Teh hijau kaya akan antioksidan dan mengandung senyawa yang disebut epigallocationchin gallate (EGCG), yang telah terbukti mengurangi keinginan akan nikotin dan gejala penarikan diri seperti keinginan kuat untuk merokok, kegelisahan, sulit tidur, dan lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3749 seconds (0.1#10.140)