7 Tanda Tubuh Kekurangan Zat Besi, Nomor 5 Jarang Diketahui

Senin, 29 April 2024 - 09:05 WIB
loading...
7 Tanda Tubuh Kekurangan Zat Besi, Nomor 5 Jarang Diketahui
Kekurangan zat besi bisa menimbulkan berbagai tanda pada tubuh yang kadang-kadang tidak begitu dikenali. Zat besi adalah mineral yang memainkan peran penting. Foto/Health
A A A
JAKARTA - Kekurangan zat besi bisa menimbulkan berbagai tanda pada tubuh yang kadang-kadang tidak begitu dikenali. Zat besi adalah mineral yang memainkan peran penting dalam kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Zat besi membantu memproduksi sel darah merah dan menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Sehingga mendapatkan cukup zat besi sangat penting, terutama bagi wanita.

Tubuh membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin, protein dalam sel darah merah yang memungkinkan mereka membawa oksigen melalui pembuluh darah. Tanpa hemoglobin yang cukup, jaringan dan otot tidak akan dapat bekerja secara efektif, yang kemudian dapat menyebabkan anemia.

Tanda Tubuh Kekurangan Zat Besi



Berikut tanda tubuh kekurangan zat besi yang jarang diketahui dilansir dari Stars Insider, Senin (29/4/2024).



1. Kelelahan


Kelelahan adalah gejala kekurangan zat besi yang paling umum, namun juga paling sulit dideteksi karena gaya hidup yang sibuk dan penuh tekanan. Kekurangan zat besi menyebabkan lebih sedikit oksigen yang mencapai jaringan Anda, sehingga tubuh kekurangan energi yang dibutuhkannya.

Jika rasa lelah yang Anda alami disertai dengan perasaan lemah, mudah tersinggung, atau tidak dapat fokus, hal ini mungkin disebabkan oleh kekurangan zat besi.

2. Pucat


Hemoglobin memberi warna merah pada darah, yang juga berarti memberi warna kemerahan pada kulit. Sebab, rendahnya kadar protein bisa membuat Anda terlihat pucat.

Sangat mudah dikenali jika Anda memiliki kulit cerah. Namun apa pun warna kulit Anda, jika bagian dalam bibir, gusi, dan bagian dalam kelopak mata bawah tidak semerah biasanya, penyebabnya adalah rendahnya zat besi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)