7 Jenis Beras Paling Sehat Menurut Ahli Diet, Tidak Bikin Gemuk

Selasa, 30 April 2024 - 21:30 WIB
loading...
7 Jenis Beras Paling Sehat Menurut Ahli Diet, Tidak Bikin Gemuk
Ada beberapa jenis beras paling sehat menurut ahli diet yang akan dikonsumsi setiap hari dibandingkan dengan nasi putih. Beras merupakan makanan pokok. Foto/Times of India
A A A
JAKARTA - Ada beberapa jenis beras paling sehat menurut ahli diet yang akan dikonsumsi setiap hari dibandingkan dengan nasi putih. Beras merupakan makanan pokok bagi lebih dari separuh populasi dunia.

Beras bersama dengan gandum dan jagung, menyediakan 40 persen dari seluruh kalori manusia. Berlimpah dalam karbohidrat, beras mencakup lebih dari 110.000 varietas yang dibudidayakan, dengan kandungan dan kualitas nutrisi yang bervariasi.

Jenis beras tertentu menawarkan lebih banyak manfaat nutrisi seperti lebih banyak serat, protein. Selain itu, beberapa beras bahkan lebih banyak antioksidan yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

Jenis Beras Paling Sehat Menurut Ahli Diet



Berikut jenis beras paling sehat di menurut ahli diet untuk dimasukkan ke dalam pola makan sehat dilansir dari Health, Selasa (30/4/2024).



1. Beras Coklat


Beras coklat varietas gandum utuh yang dibedakan dari sifatnya yang tidak dimurnikan, terdiri dari biji gandum utuh. Tidak seperti biji-bijian olahan, yang mempertahankan endosperm bertepung dan menghilangkan komponen kaya nutrisinya, beras coklat mempertahankan lapisan kuman dan dedaknya.

Dedak, lapisan luar biji-bijian, mengandung antioksidan, vitamin B, dan serat. Sementara itu, lapisan kuman menampung vitamin B, lemak sehat, mineral, dan sejumlah protein. Selain kandungan nutrisinya yang melimpah, memasukkan biji-bijian ke dalam pola makan seimbang juga meningkatkan kesehatan pencernaan dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung sekaligus pengelolaan berat badan.

2. Beras Hitam


Berasal dari Jepang, beras hitam memiliki warna hitam keunguan karena kandungan antosianinnya yang melimpah. Antosianin adalah sejenis antioksidan yang terdapat dalam makanan berwarna cerah seperti blueberry dan kubis merah.

Antioksidan memainkan peran penting dalam melindungi terhadap penyakit kardiovaskular dan kanker. Penelitian menunjukkan bahwa beras hitam mengungguli beras merah, merah, dan ungu dalam aktivitas antioksidan.

3. Beras Merah


Seperti halnya beras berpigmen lainnya, beras merah mengandung antosianin dan antioksidan lainnya yang tinggi. Beberapa varietas beras merah sangat kaya akan zat besi dan seng.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)