Berapa Biaya untuk Konsultasi ke Psikolog?

Selasa, 07 Mei 2024 - 11:09 WIB
loading...
Berapa Biaya untuk Konsultasi ke Psikolog?
Berapa biaya untuk konsultasi ke psikolog? Ini menjadi pertanyaan banyak orang yang membutuhkan konsultasi. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA - Berapa biaya untuk konsultasi ke psikolog? Banyak orang merasa ragu untuk konsultasi ke psikolog dengan berbagai alasan. Di antaranya karena tidak tahu peran dan fungsi psikolog hingga soal biaya.

Psikolog adalah seorang ahli dalam ilmu psikologi, ilmu tentang pikiran dan perilaku seseorang. Namun, ada banyak jenis psikolog, seperti psikolog pendidikan, psikolog klinis anak atau dewasa, psikolog sosial, atau psikolog di bidang pengobatan.



Psikolog umumnya menggunakan psikoterapi dan konseling untuk membantu klien atau pasien untuk mengatasi masalah yang memengaruhi kondisi mental dan kesehatannya.

Biasanya, psikolog menangani masalah, seperti gangguan kecemasan (OCD, fobia, serangan panik, atau PTSD), gangguan mood (depresi atau bipolar), kecanduan (obat-obatan, alkohol atau judi), gangguan makan (anoreksia, bulimia), gangguan kepribadian, hingga gangguan psikologis akibat kekerasan atau bencana.

Lalu, berapa biaya untuk konsultasi ke psikolog ini? Biaya konsultasi ke psikolog bervariasi. Hal ini disesuaikan dengan rumah sakit, klinik atau tempat psikolog melakukan praktik.

Dikutip situs alodokter, bagi Anda yang berkeinginan untuk berkonsultasi dengan psikolog, setidaknya perlu mempersiapkan biaya sekitar Rp150.000 hingga Rp300.000. Namun, Anda dianjurkan mempersiapkan dana lebih untuk berjaga-jaga bila diperlukan biaya tambahan.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)
pixels