Tak Cuma Bikin Rileks, Prenatal Yoga Juga Bantu Persiapkan Kelancaran ASI

Rabu, 08 Mei 2024 - 07:07 WIB
loading...
Tak Cuma Bikin Rileks, Prenatal Yoga Juga Bantu Persiapkan Kelancaran ASI
Ibu hamil disarankan melakukan prenatal yoga untuk persiapkan kelancaran ASI. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menurut data WHO (2016), cakupan ASI eksklusif di seluruh dunia hanya sekitar 36% selama periode 2007-2014. Pencapaian ASI eksklusif di Indonesia tahun 2016 sebesar 54%, namun kembali mengalami penurunan di 1 2 tahun 2017 hanya 35% (Kementerian Kesehatan RI, 2017).

Dokter kandungan dr. Agus Heriyanto, SpOG. MARS. MM. CHt menjelaskan, momen menyusui memang muncul setelah melahirkan. Tapi konsep itu tidak sepenuhnya tepat karena menyusui tetap harus dipersiapkan sejak masa kehamilan.

“Cakupan keberhasilan pemberian ASI eksklusif pada bayi masih sangat rendah. Karena kebanyakan para orang tua kurang mendapat pengetahuan dan informasi tentang manfaat ASI bagi pertumbuhan bayi. Jadi memang menyusui penting sekali untuk tau ilmunya,” ujar dr Agus dalam acara Prenatal Yoga Mom Uung, baru-baru ini.



Dokter Agus mengatakan, kesuksesan pemberian ASI bisa dilihat dari beberapa hal, mulai asupan nutrisi hingga gaya hidup ibu sejak kehamilan hingga sesudah melahirkan. Maka itu, ibu hamil disarankan untuk melakukan prenatal yoga.

Lantas, apa hubungan antara prenatal yoga dan kelancaran ASI?

Dokter Agus menyebut, sampai saat ini memang belum ada penelitian hubungan antara prenatal yoga bisa memperbanyak ASI. Tapi prenatal yoga bisa membuat meningkatkan hormon endorfin sehingga ibu hamil menjadi tidak stres. Nah, stres ini yang terkadang membuat ASI menjadi sulit keluar.

“Keluhan ibu hamil itu banyak sekali, pinggang sakit, mual, mood swing, nah itu bisa bikin stres dan nggak nyaman. Dengan stres dan nggak nyaman aja mempengaruhi kualitas menyusuinya, karena konsep hormonal di otak akan terganggu dengan adanya hormon tertentu yang dapat menghambat,” tutur dr Agus.

Jadi, lanjut dr Agus, dengan bumil rutin melakukan prenatal yoga, sekaligus bisa healing dan membuat bahagia.



“Ibu yang tidak ada masalah dengan menyusui baik produksi dan kualitasnya pasti akan disesuaikan karena itu dari Tuhan,” katanya.

Support pemberian ASI eksklusif itu yang bikin Konsultan Laktasi sekaligus Founder Mom Uung Uung Victoria Finky menggelar prenatal yoga bersama lebih dari 300 ibu hamil. Uung mengatakan, acara ini untuk mengajak para bumil aktif berolahraga karena berpengaruh pada tumbuh kembang janin dan dapat memperlancar nutrisi ibu ke janin.

“1.000 hari kehidupan itu menentukan masa depan anak kita, makanya kita sampai adain prenatal yoga ini biar bumil semua makin yakin mengasihi,” ujar Uung Victoria.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2332 seconds (0.1#10.140)