Hidangan Khas Imlek

Kamis, 31 Januari 2019 - 07:55 WIB
Hidangan Khas Imlek
Hidangan Khas Imlek
A A A
IMLEK sebentar lagi datang. Salah satu kekhasan Imlek adalah sejumlah makanan yang disajikan. Makanan-makanan khas Imlek ini memiliki sejumlah makna filosofis.
1. Seafood

Hidangan Khas Imlek


Berbagai hidangan seafood memiliki arti berbeda-beda saat Imlek. Udang bermakna kebahagiaan yang mengiringi tahun baru. Sementara, kerang memiliki makna harta kekayaan. Artinya, dengan menyantap dua hidangan tersebut maka kebahagiaan dan kekayaan akan selalu mengiringi sepanjang tahun.

2. Mi

Hidangan Khas Imlek


Siu mi atau mi panjang yang disajikan saat Imlek berbeda dengan mi pada umumnya. Mi yang biasa disajikan saat Imlek memiliki tekstur kenyal, rasa gurih dan berbentuk panjang. Bentuknya yang panjang merupakan simbol umur panjang, rejeki melimpah dan kebahagiaan.

3. Lobak
Hidangan Khas Imlek
Lobak yang dalam bahasa mandarin disebut cai tou memiliki arti beruntung. Lobak dianggap sebagai lambang dari harapan dalam menyambut tahun baru agar selalu diiringi keberuntungan.
4. Ikan

Hidangan Khas Imlek


Ikan yang biasa disajikan saat Imlek adalah ikan bandeng karena dipercaya memberikan kelimpahan rejeki bagi siapa saja yang memakannya. Ada beberapa aturan saat menyajikan ikan, antara lain ikan yang disajikan harus dalam bentuk utuh. Hal ini dipercaya bisa menghindarkan diri dari nasib buruk.

5. Jeruk Mandarin
Hidangan Khas Imlek
Jeruk di budaya China sering disamakan dengan emas karena warnanya menyerupai atau mendekati warna emas. Jeruk mandarin yang berwarna keemasan melambangkan kemakmuran dan kekayaan yang selalu bertumbuh. (Litbang KORAN SINDO)
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0183 seconds (0.1#10.140)