Apakah Rebung Bisa Menyebabkan Asam Urat? Ini Penjelasan Dokter

Minggu, 12 Mei 2024 - 12:30 WIB
loading...
Apakah Rebung Bisa Menyebabkan Asam Urat? Ini Penjelasan Dokter
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rebung bisa menyebabkan asam urat karena mengandung purin. Rebung umum dikonsumsi di negara Asia, termasuk Indonesia. Foto/Istock Photo Nungning20
A A A
JAKARTA - Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rebung bisa menyebabkan asam urat karena mengandung purin. Rebung sendiri merupakan tunas dari beberapa jenis bambu yang umum dikonsumsi di beberapa negara Asia, termasuk Indonesia.

Kandungan purin dalam rebung bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Asam urat adalah zat yang dihasilkan saat tubuh mencerna purin, dan jika kadar asam urat terlalu tinggi, dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit asam urat.

Certified Health Coach, dr. Dion Haryadi, PN1, CHC, AIFO-K mengatakan bahwa kandungan purin dalam rebung termasuk rendah. Oleh karenanya rebung aman dikonsumsi sesekali bagi penderita asam urat.

“Tapi faktanya, kadar purin di rebung tergolong rendah. Sehingga sebenarnya aman untuk dikonsumsi,” kata dr. Dion dikutip dari akun Instagram pribadinya, @dionharyadi, Minggu (12/5/2024).



Meski begitu, ada beberapa faktor mengapa rebung disebut bisa menaikkan kadar asam urat dalam tubuh. Salah satunya yaitu dari cara pengolahannya.

Apabila rebung diolah bersama dengan makanan tinggi purin lainnya seperti daging dan jeroan, maka makanan ini bisa menyebabkan asam urat.

“Kalau rebungnya dimasak dan dimakan bersama makanan lain yang juga tinggi purin seperti daging merah atau jeroan,” jelasnya.

Di sisi lain, dr. Dion menyarankan konsumsi rebung secara terbatas. Pasalnya, jika berlebihan, tetap bisa memicu kadar asam urat dalam tubuh naik.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2420 seconds (0.1#10.140)
pixels