5 Manfaat Daun Seledri bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol

Sabtu, 18 Mei 2024 - 06:00 WIB
loading...
5 Manfaat Daun Seledri bagi Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol
Daun seledri memiliki berbagai manfaat kesehatan berkat kandungan nutrisinya yang kaya. Seledri merupakan sayuran tidak bertepung dengan banyak manfaat. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Daun seledri memiliki berbagai manfaat kesehatan berkat kandungan nutrisinya yang kaya. Seledri merupakan sayuran tidak bertepung dengan banyak manfaat kesehatan yang berperan dalam pencegahan penyakit.

Manfaat daun seledri antaranya lain mengurangi peradangan dan risiko kanker serta mencegah tekanan darah tinggi. Penelitian juga menunjukkan sayuran ini bisa menurunkan kadar kolesterol yang terkait dengan penyakit jantung, serta faktor penyebab diabetes tipe 2.

Manfaat seledri lainnya termasuk mendukung kesehatan saraf, kognitif, dan pernapasan. Seledri tinggi serat dan nutrisi serta rendah kalori, serta penuh dengan potasium, vitamin, dan antioksidan. Seledri mengandung 95 persen air.

Manfaat Daun Seledri bagi Kesehatan



Seledri bisa menjadi camilan yang enak jika Anda mencoba menurunkan berat badan atau ingin buang air besar secara teratur. Namun seledri mungkin tidak cocok untuk semua orang. Berikut manfaat daun seledri bagi kesehatan dilansir dari Verywell Health, Sabtu (18/5/2024).



1. Peradangan dan Pencegahan Kanker


Seledri kaya akan berbagai senyawa tumbuhan anti inflamasi dan antioksidan yang membantu mengurangi peradangan dan mencegah kanker dengan menghilangkan radikal bebas, molekul tidak stabil yang dapat menumpuk di dalam sel dan merusak molekul lain.

Sebuah penelitian menunjukkan bagian seledri yang paling bermanfaat untuk mengurangi peradangan adalah daun dan bijinya. Senyawa tumbuhan dalam seledri yang membantu mengurangi peradangan adalah asam caffeic, asam p-coumaric, asam ferulic, apigenin, luteolin, tanin, saponin, dan kaempferol.

2. Tekanan Darah


Jus daun seledri dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah yang sehat dan dalam pengobatan tekanan darah tinggi. Sebuah tinjauan penelitian menunjukkan bahwa manfaat kesehatan jantung ini berasal dari kandungan nitrat tinggi alami yang ditemukan dalam sayuran tertentu seperti seledri.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1317 seconds (0.1#10.140)
pixels