Waspadai Parasit Toxoplasma, Kotoran Kucing yang Bikin Wanita Susah Hamil

Sabtu, 18 Mei 2024 - 09:03 WIB
loading...
Waspadai Parasit Toxoplasma, Kotoran Kucing yang Bikin Wanita Susah Hamil
Kotoran kucing terdapat banyak parasit toxoplasma. Wanita yang program hamil pun harus waspada. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA - Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang jadi favorit banyak orang. Selain pintar, kucing juga sangat menggemaskan.

Namun beberapa orang khawatir saat memelihara kucing karena kotorannya dinilai membuat wanita menjadi susah hamil . Benarkah?



Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr Ardiansjah Dara Sjahruddin, SpOG menjelaskan dari sisi medis, hal itu tergantung bagaimana merawatnya.

Dijelaskannya, jika kotoran kucing terdapat banyak parasit toxoplasma, maka parasit inilah yang menjadi salah satu penyebab pengganggu promil atau program hamil.

"Untuk para perempuan yang mau pelihara kucing, memang harus perhatikan faktor tersebut. Jangan sampai nanti membersihkan kotorannya kurang benar dan di situ ada toxoplasma," kata dr Dara dikutip dari akun X @dokterdara, Sabtu (18/5/2024).

Sebagai dokter kandungan, dia menyarankan, khususnya wanita yang tengah program hamil, untuk meminta tolong ke orang lain dalam hal memandikan dan membersihkan kotoran kucing. Sebisa mungkin meminimalisir untuk tidak membersihkan kotoran kucing.



"Karena memang betul parasit toxoplasma ini dapat membuat masalah ketika mau promil. Begitu pula kalau terjadi kehamilan. Bisa terjadi problem-problem lain seperti kecacatan," paparnya.

Namun, dr Dara mengatakan tidak semua kotoran kucing mengandung toxoplasma. Semua tergantung kebersihan dalam memelihara kucing tersebut.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)
pixels