Apakah Makanan Gosong Berdampak Buruk pada Kesehatan?

Sabtu, 18 Mei 2024 - 07:27 WIB
loading...
Apakah Makanan Gosong Berdampak Buruk pada Kesehatan?
Apakah makanan gosong berdampak buruk pada kesehatan? Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA - Apakah makanan gosong berdampak buruk pada kesehatan? Umumnya, makanan yang dibakar dinilai tidak baik oleh kebanyakan orang.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa mengonsumsi makanan yang terlalu matang dapat berdampak buruk bagi kesehatan.



Risiko yang paling banyak disebutkan terkait dengan memakan makanan gosong adalah menyebabkan kanker. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan kebenaran ini. Meski demikian, para ilmuwan yakin jika makanan yang dibakar berdampak buruk karena alasan lain.

Dikutip stars insider, jika Anda mempunyai kebiasaan mengikis bagian gosong dari roti panggang, hal itu mungkin karena orang tua Anda mengajarkan Anda untuk melakukan hal tersebut ketika Anda masih kecil.

Memang benar, kita semua mempunyai kebiasaan makan yang kita pelajari dari orang tua kita, tetapi beberapa di antaranya kurang masuk akal sehingga mungkin dianggap takhayul.

Kebenaran tentang makanan gosong
Pada 2002, para ilmuwan di Universitas Stockholm menemukan bahwa ketika kita memanaskan makanan tertentu, termasuk kentang, roti dan biskuit, hingga lebih dari 120°C, zat yang disebut akrilamida akan terbentuk.

Akrilamida dianggap berbahaya bagi manusia dalam beberapa hal. Pertama, dan para ilmuwan yakin akan hal ini, akrilamida bersifat neurotoksik bagi manusia.

Artinya, mengonsumsi akrilamida dapat berdampak negatif pada sistem saraf, meski para ilmuwan tidak yakin bagaimana atau mengapa.

Teori
Ada teori bahwa akrilamida dapat menyerang protein struktural di dalam sel saraf atau dapat menghambat sistem antiinflamasi yang melindungi sel saraf dari kerusakan.

Ada juga bukti dari penelitian pada hewan yang menunjukkan bahwa paparan akrilamida dalam makanan dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko penyakit neurodegeneratif, seperti demensia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2144 seconds (0.1#10.140)
pixels