5 Manfaat Mengejutkan Minum Teh Jahe dan Lemon di Pagi Hari

Rabu, 22 Mei 2024 - 07:00 WIB
loading...
5 Manfaat Mengejutkan Minum Teh Jahe dan Lemon di Pagi Hari
Minum teh jahe dan lemon di pagi hari memiliki banyak manfaat kesehatan yang mengejutkan. Kombinasi ini tidak hanya lezat tetapi juga kaya akan nutrisi. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Minum teh jahe dan lemon di pagi hari memiliki banyak manfaat kesehatan yang mengejutkan. Kombinasi ini tidak hanya lezat tetapi juga kaya akan nutrisi dan senyawa bioaktif yang dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Teh jahe dan lemon sendiri sudah sejak lama digunakan untuk pengobatan tradisional berbagai kondisi. Mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kaya antioksidan dan vitamin C yang dibutuhkan tubuh hingga membantu menurunkan berat badan secara alami.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan teh jahe dan lemon, Anda bisa menggunakan 1-2 inci jahe segar yang sudah dikupas dan diiris tipis, 1/2 lemon diperas, dan 2 cangkir air. Kemudian rebus air dan irisan jahe hingga 10 menit dan angkat, lalu tambahkan perasan lemon.

Manfaat Mengejutkan Minum Teh Jahe dan Lemon di Pagi Hari



Berikut sederet manfaat mengejutkan minum teh jahe dan lemon di pagi hari dilansir dari Times of India, Rabu (22/5/2024).



1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Jahe dan lemon kaya akan khasiat yang meningkatkan kekebalan tubuh. Lemon kaya akan vitamin C, antioksidan kuat yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Nutrition & Metabolism, konsumsi vitamin C secara teratur dapat mengurangi durasi dan tingkat keparahan pilek.

Jahe, sebaliknya, mengandung gingerol, senyawa bioaktif dengan efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Penelitian yang dipublikasikan dalam The International Journal of Preventive Medicine menunjukkan bahwa jahe dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko infeksi.

2. Memperbaiki Sistem Pencernaan


Jika Anda sering mengalami masalah pencernaan, teh jahe dan lemon bisa menjadi sahabat baru Anda. Kedua bahan alami ini telah digunakan selama berabad-abad untuk membantu pencernaan dan meringankan masalah pencernaan.

Jus lemon merangsang produksi empedu di hati, yang penting untuk memecah makanan dan membantu pencernaan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Pengobatan Pelengkap dan Alternatif Berbasis Bukti, jus lemon dapat membantu mencegah gangguan pencernaan dan sembelit.

Jahe mengandung senyawa seperti gingerol dan shogaol yang terbukti mempercepat pengosongan lambung dan mendukung pencernaan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Ethnopharmacology menemukan bahwa jahe dapat membantu meringankan gejala dispepsia, seperti rasa tidak nyaman dan kembung.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)
pixels