alexametrics

Bakteri di Mulut Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan yang Serius

loading...
Bakteri di Mulut Bisa Sebabkan Masalah Kesehatan yang Serius
Kesehatan gigi serta mulut harus dijaga. Kebersihan mulut dan gigi yang buruk tak hanya menyebabkan gigi berlubang, tapi juga masalah kesehatan yang lebih serius. (Friendly Dental Group)
A+ A-
JAKARTA - Pastikan Anda senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut. Pasalnya, kebersihan mulut dan gigi yang buruk tak hanya menyebabkan gigi berlubang, tapi juga masalah kesehatan lainnya yang lebih serius.

Praktisi Kesehatan Gigi, Drg. Yudha Rismanto, Sp.Perio menjelaskan kebersihan mulut dan gigi yang buruk dapat menimbulkan infeksi hingga komplikasi. Ada hubungan antara menurunnya kesehatan mulut dan kondisi sistemik yang mendasarinya.

"Mulut merupakan bagian dari sistem pencernaan dan menjadi gerbang masuknya berbagai gangguan pencernaan dan penyakit. Bakteri normal yang hidup dalam mulut bila tidak terkendali akan berkembang baik dan menimbulkan gangguan fungsi pengunyahan, infeksi bahkan penyakit dalam gigi, mulut dan gusi," papar Drg. Yudha Rismanto, Sp.Perio beberapa waktu lalu.



Jika tidak dirawat dengan baik, Drg. Yudha menambahkan, kondisi ini dapat menyebabkan berbagai masalah seperti gigi berlubang, bau mulut, karies dan plak. Bahkan dapat menimbulkan komplikasi seperti kelainan pada organ vital seperti jantung, ginjal, hati maupun paru.

"Kuman-kuman penyebab plak itu pengaruh ke kondisi sistemik kita. Bakteri mulut yang meradang dapat dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular, diabetes, gangguan pada ibu hamil dan bayi lahir berat badan tidak normal serta lahir prematur," kata dia.

Sikat gigi sendiri hanya membersihkan 25% dari mulut sehingga tidak cukup karena masih ada 75% bagian rongga mulut yang sering terabaikan kebersihan dan kesehatannya.

"Oleh karena itu setelah sikat gigi sehabis makan dan sebelum tidur, kita perlu membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi dan diakhiri dengan berkumur menggunakan mouthwash," ujar dia.
(alv)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak