Gosok Gigi 2 Kali Sehari Tidak Sepenuhnya Membuat Terhindar dari Kuman

Jum'at, 22 Mei 2020 - 03:03 WIB
loading...
Gosok Gigi 2 Kali Sehari Tidak Sepenuhnya Membuat Terhindar dari Kuman
Menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak cukup hanya dengan menggosok gigi dua kali sehari. / Foto: Daily Mirror
A A A
JAKARTA - Menjaga kesehatan gigi dan mulut tidak cukup hanya dengan menggosok gigi dua kali sehari. Pasalnya, kebiasaan ini tidak 100% membuat gigi dan mulut terhindar dari kuman penyebab masalah gigi berlubang, gusi meradang hingga bau mulut.

Pada dasarnya, mulut merupakan bagian dari sistem pencernaan dan menjadi gerbang masuknya berbagai gangguan pencernaan dan penyakit. Jika bakteri normal yang hidup dalam mulut tidak terkendali, akan berkembang biak dan menimbulkan gangguan fungsi pengunyahan, infeksi bahkan penyakit dalam gigi, mulut dan gusi.

"Kebersihan dan kesehatan gigi dan rongga mulut itu memengaruhi kesehatan diri kita secara keseluruhan. Sikat gigi aja enggak cukup lho. Kenapa? Karena waktu kurang tepat, karena waktu kurang lama dan karena cara kurang pas," kata drg Anggi Pratiwi di Jakarta, belum lama ini.

"Sebenarnya sikat gigi wajib itu setelah sarapan atau sekarang ini setelah sahur deh sikat gigi dan sebelum tidur. Kemudian waktu. Jadi selama ini kita sering sikat gigi kaya buru-buru ya, sekitar 1 menitan tapi kayaknya banyak yang enggak sampai 1 menit. Justru idealnya 3 menit. Kemudian caranya itu adalah dari gusi ke gigi," sambungnya.

Di sisi lain, sikat gigi hanya mampu menghilangkan 30-53% plak dan tidak bisa menjangkau area-area celah gigi, sehingga banyak area yang terlewatkan. Selain itu, plak juga bisa melekat di seluruh bagian rongga mulut, bukan hanya gigi. Karena itu, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, drg Anggi mengimbau masyarakat juga menerapkan praktik kebersihan lainnya.

Salah satu yang perlu dilakukan adalah dengan mengontrol makanan atau camilan yang dikonsumsi. Idealnya, perbanyak konsumsi makanan seperti buah dan sayuran yang mengandung vitamin C dan serat. Penting juga untuk mengurangi makanan manis, dan perbanyak minum air putih, setidaknya mengonsumsi 18 gelas atau 2 liter sehari.

"Kemudian kita juga perhatikan kebersihan sikat gigi kita. Jadi kalau kita simpan sikat gigi di kamar mandi kita, kalau bisa sih yang ada tutupnya. Kemudian kita perhatikan bulu sikatnya, kalau sudah nyebar-nyebar bulu sikatnya diganti ya. Kemudian kita flossing dan rinsing," jelasnya.

Selain itu, drg Anggi menyarankan untuk membersihkan lidah dan menggunakan pasta gigi mengandung flouride. Adapun flossing dan rinsing menggunakan obat kumur antiseptik bisa menyempurnakan kebersihan gigi dan mulut secara menyeluruh.

"Menggunakan obat kumur antiseptik secara rutin yakni dua kali sehari setelah makan dapat membantu mengurangi plak," tutupnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1461 seconds (0.1#10.140)