8 Buah yang Bikin Perut Kembung, Mangga Menghasilkan Gas yang Buruk

Minggu, 26 Mei 2024 - 15:28 WIB
loading...
8 Buah yang Bikin Perut Kembung, Mangga Menghasilkan Gas yang Buruk
Buah-buahan memang sehat, tapi beberapa di antaranya bisa menyebabkan perut kembung. Foto/ fruitguys
A A A
JAKARTA - Buah-buahan memang sehat, tapi beberapa di antaranya mungkin menyebabkan perut kembung . Anda pun perlu mewaspadainya.

Kembung merupakan masalah pencernaan yang ditandai dengan sensasi penuh, sesak atau bengkak pada perut. Sensasi ini bisa disertai dengan gas sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman atau nyeri. Hal ini sering terjadi ketika gas menumpuk di saluran pencernaan.



Boleh saja buah-buahan ini di makan, tetapi dalam batas yang wajar alias tidak berlebihan mengonsumsinya. Dikutip healths hots, berikut ulasannya.

Buah yang Bikin Perut Kembung

1. Apel
Tinggi serat, vitamin C, dan antioksidan, apel banyak dikonsumsi sebagai camilan sehat, namun bisa menyebabkan kembung jika dimakan dalam jumlah banyak, kata ahli gizi Charu Dua. Apel mengandung fruktosa dan serat tingkat tinggi yang dapat difermentasi di usus besar, dan dapat menyebabkan kembung dan gas, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients pada 2020.

2. Semangka
Semangka, favorit musim panas, menghidrasi dan kaya akan vitamin A dan C. Semangka mengandung fruktosa dan poliol tingkat tinggi, berkontribusi terhadap fermentasi dan produksi gas.
8 Buah yang Bikin Perut Kembung, Mangga Menghasilkan Gas yang Buruk

3. Persik
Persik memiliki manfaat kesehatan, berkat vitamin A dan C, serta kandungan seratnya. Tapi persik juga tinggi fruktosa, menyebabkan fermentasi dan akhirnya kembung. Sekitar 100 gram buah persik, Anda akan mendapatkan 8,39 gram total gula, termasuk fruktosa, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat.

4. Plum
Plum adalah buah umum yang disukai banyak orang dengan sedikit garam. Mereka mengandung sorbitol, yang merupakan gula alkohol, dan serat, yang keduanya dapat menyebabkan kembung.

5. Mangga
Tingginya vitamin A dan C, serta serat, mangga adalah buah musim panas yang populer. Selain memakan buah kuningnya, Anda juga bisa membuat smoothie mangga, atau salad musim panas. Mangga memiliki kandungan fruktosa yang tinggi, menyebabkan penyerapan dan produksi gas yang buruk.

6. Anggur
Banyak dikonsumsi baik segar maupun kering (kismis), anggur merupakan buah pokok di banyak rumah tangga. Mereka kaya akan vitamin C dan K, serta antioksidan, kata Dua. Mereka mengandung fruktosa, yang dapat menyebabkan kembung pada manusia.
8 Buah yang Bikin Perut Kembung, Mangga Menghasilkan Gas yang Buruk



7. Pisang
Tingginya kandungan potasium dan serat, pisang sering disantap sebagai camilan atau saat sarapan. Sekitar 100 gram pisang matang memiliki 4,62 gram total serat makanan, sesuai USDA. Serat dapat berfermentasi di usus dan menghasilkan gas serta menyebabkan kembung.

8. Aprikot
Kaya vitamin A dan C, serta serat, aprikot juga mengandung sorbitol. Hal ini dapat menyebabkan fermentasi dan produksi gas, kata sang ahli.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1497 seconds (0.1#10.140)
pixels