Produk Seafood Terbaik Negeri Kanguru Dipamerkan di Ajang Taste the Wonders of Australia

Minggu, 26 Mei 2024 - 12:00 WIB
loading...
Produk Seafood Terbaik Negeri Kanguru Dipamerkan di Ajang Taste the Wonders of Australia
Chef Gilles Marx dalam Seafood Workshop Taste the Wonders of Australia. (Foto: iNews Media Group/Taufik Almizan)
A A A
JAKARTA – Seafood menjadi panganan yang digemari masyarakat karena cita rasanya yang unik dan otentik. Australian Food and Wine Collaboration Group menangkap momen ini dengan menampilkan berbagai produk makanan dan wine segar terbaik Australia di gelaran Taste the Wonders of Australia.

Acara ini dihadiri chef, importir, distributor, sommelie hingga peritel berlangsung di Raffles Kuningan Hotel Level 11, Jakarta, Selasa (21/5/2024).

Seafood Industry Australia menjadi satu dari lima industri pertanian yang turut berkolaborasi dalam Australian Food and Wine Collaboration Group, bersama Meat and Livestock Australia, Dairy Australia, Horticulture Innovation Australia, dan Wine Australia. Kelimanya merupakan kelompok industri pertanian terbesar yang berasal dari Negeri Kanguru.

Setelah sukses dengan produk daging merahnya yang dikenal berkualitas tinggi, Australia kini mulai memperkenalkan produk seafood mereka. Seafood Industry Australia CEO of FRDC Dr Patrick Hone mengatakan, selain daging, masyarakat Indonesia juga mengandalkan ikan sebagai salah satu sumber protein hewani utama dengan nilai gizi yang tinggi.

Dengan jumlah penduduk yang besar dan konsumsi domestik yang terus meningkat, Indonesia dipandang sebagai pasar yang sangat potensial bagi para eksportir makanan laut Australia. Patrick Hone mengatakan, 76 persen konsumen Indonesia lebih memilih untuk mengonsumsi ikan segar, menjadikannya pasar yang sangat penting untuk salmon, tuna, kepiting, dan udang Australia.

“Pada 2030, konsumsi makanan laut per kapita di Indonesia diproyeksikan akan meningkat sebesar 13 persen. Kami berharap dapat meningkatkan penawaran kami ke pasar dengan produk lain seperti abalon dan kerang,” tuturnya.

Produk Seafood Terbaik Negeri Kanguru Dipamerkan di Ajang Taste the Wonders of Australia

Seafood Industry Australia CEO of FRDC Dr Patrick Hone. (Foto: iNews Media Group/Taufik Almizan)

Salmon Australia menjadi salah satu komoditas yang melalui produksi seafood berkelanjutan (sustainable) di dunia. Semua bagian ikan salmon Australia pun dapat dimanfaatkan, sehingga tidak ada limbah yang terbuang dari proses pengolahannya. Tak hanya itu, hal ini tentunya juga dapat membantu membatasi jejak karbon (carbon footprint).

Keindahan salmon Australia juga turut dipamerkan dalam Seafood Workshop yang dilaksanakan bersama Professional Chef Gilles Marx. Pada kesempatan tersebut, Chef Gilles mendemonstrasikan bagaimana mengolah, memotong, mencabut duri hingga menyajikan daging salmon Australia dengan benar, sehingga tetap segar dan terjaga kualitasnya.

“Salmon Australia ditangani dengan benar. Mereka memiliki standar kebersihan tertinggi, dan itu sangat penting. Jadi ketika mereka mengirimkannya ke Indonesia, ikan tersebut sampai di sini dalam kondisi sempurna untuk kita, dan saya pikir itu adalah bagian terpenting ketika kita menginginkan ikan segar,” katanya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)
pixels