Agar Hasilnya Memuaskan, Ini Teknik Memotret di Akuarium

Selasa, 12 Maret 2019 - 13:48 WIB
Agar Hasilnya Memuaskan, Ini Teknik Memotret di Akuarium
Agar Hasilnya Memuaskan, Ini Teknik Memotret di Akuarium
A A A
PADA musim hujan yang masih belum berakhir hingga saat ini, berlibur ke tempat terbuka tentu bukan pilihan yang tepat, apalagi jika membawa anak kecil. Namun, hujan yang terus mengguyur tentu juga jangan sampai menghalangi keseruan hari libur. Salah satu alternatif pengisi liburan yang seru adalah berkunjung ke akuarium.

Di akuarium, kita bisa mengenal berbagai biota laut dan melihat aktivitas mereka dari jarak dekat tanpa harus menyelam atau berenang. Tentunya momen keseruan di akuarium ini jangan lupa diabadikan dalam jepretan foto-foto yang indah. Berfoto di akuarium umumnya sedikit sulit karena pencahayaan selalu dipusatkan pada area dalam tangki sehingga area pengunjung menjadi relatif gelap.

Sebagian besar pengunjung akuarium gagal mendapatkan foto yang bagus karena kurang menyadari kondisi pencahayaan seperti ini dan hanya mengandalkan kamera ponsel. Untuk mendapatkan foto yang indah di akuarium, kita membutuhkan sebuah kamera digital dengan kualitas mumpuni yang dilengkapi lampu flash serta pengaturan ISO tinggi yang minim gangguan bintik noise pada hasil foto.

Karena pada umumnya pencahayaan dipusatkan pada area dalam tangki akuarium, kita pun akhirnya dihadapkan pada kondisi pencahayaan belakang/backlight saat ingin membidik subjek foto di depan tangki akuarium. Hasilnya, foto subjek akan terlihat gelap jika ingin ikan dan biota laut di akuarium terlihat jelas.

Sebaliknya, jika kita naikkan pengaturan exposure pada kamera sehingga subjek foto terlihat terang, isi biota di akuarium akan menjadi terlalu terang/overexposed sehingga tidak terlihat jelas. Pada contoh Foto 1, ikan di akuarium terlihat jelas, tetapi subjek foto kedua anak di depannya menjadi gelap dan tidak terlihat jelas.

Untuk mengatasi kondisi seperti ini, salah satu caranya adalah menggunakan bantuan lampu flash untuk mengisi subjek foto agar tetap terlihat terang tanpa mengorbankan tampilan isi tangki akuarium di belakangnya. Namun, kelemahan penggunaan bantuan lampu flash ini adalah kecenderungan timbulnya gangguan bayangan dari pantulan lampu flash seperti yang terlihat di contoh Foto 2. Cara lainnya adalah mencari area yang relatif terang untuk menempatkan subjek foto.

Carilah area dengan tangki akuarium yang saling berhadapan sehingga subjek foto mendapat pencahayaan dari tangki akuarium di seberangnya. Namun, tentu pencahayaan tersebut tidak akan bisa terlalu terang sehingga kita tetap harus menggunakan pengaturan ISO tinggi agar subjek foto terlihat terang tanpa bantuan lampu flash. Lihatlah contoh Foto 3 yang diambil tanpa lampu flash pada pengaturan ISO 1000.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6165 seconds (0.1#10.140)