Benarkah Nasi Sisa Kemarin Mengandung Kadar Gula Lebih Rendah?

Jum'at, 31 Mei 2024 - 07:30 WIB
loading...
Benarkah Nasi Sisa Kemarin Mengandung Kadar Gula Lebih Rendah?
Nasi sisa kemarin dipercaya mengandung kadar gula lebih rendah dibandingkan nasi panas. Temuan ini berdasarkan penelitian di jurnal Nutrition and Diabetes. Foto/Paint The Kitchen Red
A A A
JAKARTA - Nasi sisa kemarin dipercaya mengandung kadar gula lebih rendah dibandingkan nasi panas. Temuan ini berdasarkan sebuah penelitian baru yang diterbitkan di jurnal Nutrition and Diabetes.

Dilansir dari Business Insider, Jumat (31/5/2024) disebutkan bahwa makan nasi yang dipanaskan kembali alih-alih yang baru dimasak dapat memperlambat lonjakan gula darah bagi penderita diabetes.

Sekelompok peneliti Polandia dari Universitas Ilmu Kedokteran Poznan mempelajari 32 pasien dengan diabetes tipe 1. Mereka membandingkan kadar gula darah mereka setelah makan dua makanan uji yang berbeda.

Satu kali makan adalah nasi putih long-grain, sekitar 46 gram karbohidrat, disiapkan dan disajikan segera. Yang lainnya adalah porsi nasi yang sama, tetapi dibiarkan dingin di lemari es selama 24 jam, lalu dipanaskan kembali dan disajikan.



Peneliti menemukan bahwa ketika peserta makan nasi dingin, kadar gula darah mereka secara signifikan lebih stabil, dengan peningkatan yang lebih sedikit secara keseluruhan, dan waktu puncak yang lebih singkat daripada ketika mereka makan nasi panas.

Hasilnya menunjukkan karbohidrat dingin seperti nasi dapat membantu mengontrol gula darah. Menurut para peneliti, ini berkat jenis karbohidrat tertentu yang disebut pati resisten. Porsi nasi dingin dalam penelitian ini mengandung pati yang secara signifikan lebih tahan daripada nasi panas.

Bukti menunjukkan pati resisten dicerna lebih lambat. Akibatnya, pati resisten dapat membantu menyeimbangkan penyerapan karbohidrat lain untuk menyeimbangkan gula darah, mirip dengan serat.

Sebuah studi serupa pada 2015, yang dilakukan pada orang tidak mengidap diabetes menemukan hasil yang sama, dengan nasi dingin menyebabkan lebih sedikit lonjakan gula darah.



Para ahli mengatakan mengonsumsi pati yang lebih tahan dari karbohidrat dingin juga memiliki manfaat lain. Seperti mengatur nafsu makan untuk membuat Anda kenyang setelah makan, mencegah penurunan energi, atau bahkan membantu menurunkan berat badan.

“Jika orang-orang berada dalam misi menghilangkan lemak tubuh dan mereka ingin menurunkan kadar gula darah, atau jika mereka melihat produktivitas mereka dan menghindari lemas sore hari, akan bermanfaat untuk mencoba dan mengonsumsi lebih banyak pati yang resisten," kata ahli gizi Rhiannon Lambert.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2152 seconds (0.1#10.140)
pixels