Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Kenali Dampak Buruk Rokok

Jum'at, 31 Mei 2024 - 12:00 WIB
loading...
A A A

Cara Efektif Berhenti Merokok



Setelah 10 tahun, risiko kematian akibat kanker paru-paru menjadi sekitar setengah dari orang yang masih merokok. Berhenti merokok bisa jadi sulit, tetapi bisa dilakukan dengan dukungan dan strategi yang tepat. Berikut ini beberapa cara efektif untuk berhenti:

1. Tetapkan Tanggal Berhenti


Pilih tanggal dalam dua minggu ke depan untuk berhenti, berikan diri Anda waktu untuk mempersiapkan diri tetapi jangan menunda terlalu lama.

2. Cari Dukungan


Beri tahu keluarga, teman, dan kolega tentang keputusan Anda untuk berhenti dan mintalah dukungan mereka. Pertimbangkan untuk bergabung dengan kelompok pendukung atau mencari konseling profesional.

3. Gunakan Terapi Pengganti Nikotin (NRT)


Pilihan seperti permen karet nikotin, koyo, tablet hisap, inhaler, dan semprotan hidung dapat membantu mengurangi gejala putus zat dan keinginan untuk merokok.

4. Konsultasikan dengan Dokter atau Psikiater


Bantuan medis profesional dapat memberikan pengobatan dan strategi untuk mengelola gejala putus zat secara efektif.



5. Hindari Pemicu


Identifikasi situasi yang memicu keinginan Anda untuk merokok atau mengunyah tembakau dan kembangkan strategi untuk menghindarinya atau mengatasinya.

6. Tetap Aktif


Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi keinginan dan gejala putus zat. Olahraga, bahkan dalam waktu singkat, dapat membuat perbedaan yang signifikan.

7. Praktikkan Manajemen Stres


Terlibat dalam aktivitas yang mengurangi stres, seperti yoga, meditasi, latihan pernapasan dalam, atau hobi yang Anda sukai.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2205 seconds (0.1#10.140)