7 Cara Menurunkan Berat Badan di Usia 40 Tahun, Penting Kurangi Asupan Gula

Rabu, 05 Juni 2024 - 07:30 WIB
loading...
7 Cara Menurunkan Berat Badan di Usia 40 Tahun, Penting Kurangi Asupan Gula
Menurunkan berat badan di usia 40 tahun memerlukan pendekatan yang spesifik dan usaha ekstra. Pasalnya, perubahan metabolisme sering kali terjadi pada usia ini. Foto/Mens Health
A A A
JAKARTA - Menurunkan berat badan di usia 40 tahun memerlukan pendekatan yang spesifik dan usaha ekstra. Pasalnya, perubahan metabolisme dan gaya hidup yang sering kali terjadi pada usia ini.

Di sisi lain, metabolisme yang melambat dan perubahan hormonal dapat membuat berat badan mudah naik. Meski demikian, bukan berarti tidak mungkin menurunkan berat badan di usia 40 tahun .

Dengan meningkatkan aktivitas fisik, menerapkan pola makan seimbang, mengontrol porsi makan, mendapatkan tidur yang cukup, mengelola stres, mengurangi asupan gula dan makanan olahan, serta memantau asupan kalori, Anda dapat mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Cara Menurunkan Berat Badan di Usia 40 Tahun



Pendekatan yang berkelanjutan dan perubahan gaya hidup yang positif akan memberikan hasil yang optimal dan jangka panjang. Berikut cara menurunkan berat badan di usia 40 tahun dilansir dari Health Line, Rabu (5/6/2024).



1. Tingkatkan Aktivitas Fisik


Aktivitas fisik adalah kunci utama dalam proses penurunan berat badan. Pada usia 40 tahun, penting untuk mencampur berbagai jenis latihan:

- Latihan Kardio: Berjalan cepat, berlari, bersepeda, atau berenang setidaknya 150 menit per minggu untuk meningkatkan detak jantung dan membakar kalori.
- Latihan Kekuatan: Melakukan latihan beban atau resistance training dua kali seminggu untuk meningkatkan massa otot. Otot yang lebih banyak membantu meningkatkan metabolisme basal.
- Aktivitas Harian: Tetap aktif dalam kegiatan sehari-hari, seperti memilih naik tangga daripada lift atau berjalan kaki ke tempat tujuan yang dekat.

2. Fokus pada Pola Makan Seimbang


Mengadopsi pola makan seimbang sangat penting untuk menurunkan berat badan secara sehat. Adapun pola makan seimbang yang bisa diikuti meliputi:

- Protein: Konsumsi makanan tinggi protein seperti daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak untuk membantu merasa kenyang lebih lama dan mendukung pertumbuhan otot.
- Karbohidrat Kompleks: Pilih biji-bijian utuh, buah-buahan, dan sayuran yang kaya serat untuk membantu pencernaan dan menjaga energi sepanjang hari.
- Lemak Sehat: Sertakan sumber lemak sehat seperti alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun untuk mendukung fungsi tubuh yang optimal.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)
pixels