Antisipasi Dampak Berkelanjutan Trauma Mata

Kamis, 20 Agustus 2020 - 20:07 WIB
loading...
A A A
Trauma juga dapat diakibatkan oleh panas, radiasi, dan zat-zat kimia. Beberapa gejala yang perlu diwaspadai setelah area mata mengalami benturan, antara lain pandangan buram mendadak, pendarahan, nyeri pada area bola mata, mata terlihat merah, gerakan bola mata terhambat, dan mata terasa mengganjal.

Di Indonesia, selama ini belum ada data terkini jumlah kejadian trauma pada mata. Namun, jumlah kunjungan pasien trauma mata di JEC bisa memberikan gambaran. Sepanjang 2012 hingga 2019 di JEC Menteng dan JEC Kedoya terdata ada 534 kasus trauma mata, yang terdiri atas 161 kasus trauma tertutup dan 167 kasus trauma terbuka. Beberapa di antaranya bahkan harus menjalani tindakan pembedahan lebih lanjut.

Memahami kegawatdaruratan ophthalmic trauma , JEC telah menghadirkan Ophthalmic Trauma Service yang menyediakan penatalaksanaan trauma mata andal dan menyeluruh dengan diperkuat tenaga medis dari berbagai subspesialis/multidisiplin serta teknologi pendukung terdepan. ( )

“Kasus trauma mata tidak selalu berdampak pada bagian mata yang mengalami benturan, tapi juga jaringan di sekitarnya. Penanganan trauma mata yang JEC tawarkan melalui Ophthalmic Trauma Service mengimplementasikan sistem yang komprehensif, mulai diagnosis hingga tatalaksana, serta tahap pemantauan dan rehabilitasi pascatindakan, untuk mengantisipasi risiko dampak hingga penanganan pasien berlangsung tuntas,” tutup Dr. Yunia.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1644 seconds (0.1#10.140)