FPPSKI Bertekad untuk Terus Lestarikan Warisan Budaya Bangsa

Kamis, 20 Agustus 2020 - 23:39 WIB
loading...
FPPSKI Bertekad untuk Terus Lestarikan Warisan Budaya Bangsa
Setelah UNESCO menetapkan pencak silat sebagai warisan budaya dunia, ke depan hendaknya masyarakat agar lebih signifikan dalam menjaga dan melestarikan pencak silat. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Berdiri dengan semangat melestarikan kekayaan budaya bangsa, Forum Pelestari Pencak Silat Keris Indonesia (FPPSKI) berupaya menjaga budaya bangsa terutama pencak silat dan keris. Akhir tahun lalu, UNESCO telah menetapkan bahwa pencak silat dan keris merupakan warisan budaya dunia .

(Baca juga: Ini 5 Posisi Seks yang Aman Dilakukan Selama Pandemi Covid-19 )

FPPSKI memang baru berusia 1 tahun, namun perjuangannya telah melahirkan pelestari-pelestari muda yang kelak meneruskan perjuangan pendahulunya dalam melestarikan pencak silat dan juga budaya bangsa lainnya. Hal itu bisa dilihat dengan makin berkembangnya pencak silat dari berbagai perguruan, dan bahkan dari sekolah-sekolah umum mulai SD hingga Perguruan Tinggi.

Saat merayakan milad pertama FPPSKI, belum lama ini, Pembina FPPSKI, Eddie M Nalapraya mengatakan, setelah UNESCO menetapkan pencak silat sebagai warisan budaya dunia, ke depan hendaknya masyarakat, khususnya para penggiat pencak silat, agar lebih signifikan dalam menjaga dan melestarikan pencak silat.

Eddie juga berharap kepada para pesilat untuk menjadikan silat sebagai ilmu kehidupan. "Jadikanlah pencak silat itu sebagai ilmu kehidupan, sehingga akan banyak nilai-nilai positif yang akan didapatkan pada saat diri kalian mempelajari dan menekuni pencak silat itu," tuturnya.

(Baca juga: Skrining Kanker Payudara Sejak Usia 40 Bisa Selamatkan Nyawa )

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum FPPSKI, Anwar Al- Batawi mengungkapkan bahwa masyarakat harus terus membangun kesadaran untuk menjaga dan melestarikan budaya bangsa dalam diri masing-masing. "Terus menjaga serta melestarikan seluruh aset budaya bangsa Indonesia terutama keris dan pencak silat. Dan karena hal itulah FPPSKI terlahir," ucap Anwar.

Anwar juga mengutarakan ada banyak hal positif dalam ikut melestarikan budaya bangsa, salah satunya adalah menambah saudara serta memperluas tali silaturahim. "Dan itu nyata terjadi dalam FPPSKI," imbuh pria yang juga Ketum Asosiasi Silat Tradisi Betawi.

Ke depannya, Anwar sudah bersiap untuk memperluas kepengurusan FPPSKI ke seluruh pelosok nusantara . "Keris ini kan bukan hanya ada di Jawa, hampir di seluruh daerah senjata khas ini ada, jadi kita akan coba kembangkan untuk memadukan senjata keris dan pencak silat menjadi seni bela diri yang membudaya," tutur Anwar.

(Baca juga: Begini Cara Unik Resha Finoza dan Sejumlah Gamers Rayakan Kemerdekaan )

Saat merayakan milad pertama, FPPSKI turut memperlihatkan pencak silat yang dilakukan para pesilat muda dari beberapa daerah dengan menggunakan keris .
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2801 seconds (0.1#10.140)