Skrining Kanker Payudara Sejak Usia 40 Bisa Selamatkan Nyawa

Kamis, 20 Agustus 2020 - 11:21 WIB
loading...
Skrining Kanker Payudara Sejak Usia 40 Bisa Selamatkan Nyawa
Wanita berusia 40-49 tahun harus berbicara dengan dokter mereka tentang seberapa sering mendapatkan mammogram. Foto Ilustrasi/Johns Hopkins Medicine
A A A
JAKARTA - Kanker payudara adalah salah satu penyebab utama kematian di kalangan wanita secara global. Meskipun banyak penekanan diberikan terkait kesadaran akan penyakit ini melalui pemeriksaan payudara sendiri ataupun skrining kanker, namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih mencatat ada 2,1 juta wanita menderita kanker payudara setiap tahun.

Terkait masalah tersebut, para peneliti telah menemukan cara untuk menyelamatkan ratusan nyawa yang hilang akibat kanker payudara. Peneliti mengatakan, bila saja wanita berusia 40-an diundang untuk skrining kanker payudara, ratusan nyawa dapat diselamatkan setiap tahun. ( )

Menurut sebuah laporan di laman Daily Mail, lembaga kesehatan Inggris National Health Service (NHS) menawarkan wanita berusia 50-71 tahun untuk melakukan mammogram setiap tiga tahun. Namun, menurut satu penelitian , jika batas bawah usia diturunkan menjadi 40 tahun, maka dapat mencegah hingga 300 kematian dalam satu tahun pada kebanyakan wanita usia 40-50 tahun. Uji coba yang dipublikasikan pada The Lancet Oncology itu melibatkan 160.000 wanita Inggris yang diobservasi selama 23 tahun.

Sementara itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mendefinisikan mammogram sebagai gambar sinar-X payudara. Dokter menggunakannya untuk mencari tanda awal kanker payudara. Melakukan mammografi secara teratur adalah cara terbaik untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini, karena dapat membantu mendeteksinya hingga tiga tahun sebelum benar-benar dirasakan.

Mengutip laporan di laman Times Now News, wanita berusia 50-74 tahun disarankan untuk melakukan mammografi tiap dua tahun. Sedangkan wanita berusia 40-49 tahun harus berbicara dengan dokter mereka tentang seberapa sering mendapatkan mammogram. Namun, menurut temuan penelitian , wanita berusia di atas 40 tahun sebaiknya melakukan mammogram tiap dua tahun, terutama jika ada riwayat kanker payudara di dalam keluarga.

Mammogram membantu mengurangi kemungkinan kanker berkembang dan menyebar ke bagian tubuh lain. Deteksi dan pengobatan dini adalah salah satu faktor penting dalam penyembuhan kanker, termasuk kanker payudara. Dengan bantuan mammogram, para dokter mampu mendeteksi kanker sejak dini, mengobatinya, dan mengurangi risiko kematian akibat penyakit tersebut. ( )

Wanita berusia lebih dari 20 tahun harus mempertimbangkan untuk berbicara dengan profesional medis tentang skrining kanker payudara . Selain pemeriksaan payudara sendiri, mereka mesti berkonsultasi dengan dokter tentang seberapa sering dan kapan harus menjalani mammogram. Anda bisa mendapatkan mammogram dengan berkonsultasi ke dokter di layanan kesehatan manapun yang menyediakannya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1455 seconds (0.1#10.140)