Cara Mudah Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing dengan Daun Pepaya, Yuk Coba!

Senin, 17 Juni 2024 - 14:20 WIB
loading...
Cara Mudah Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing dengan Daun Pepaya, Yuk Coba!
Menghilangkan bau prengus daging kambing dengan daun pepaya adalah metode efektif. Daging kambing sendiri terkenal dengan cita rasa lezatnya yang khas. Foto/Istock Photo Ika Rahma
A A A
JAKARTA - Menghilangkan bau prengus daging kambing dengan daun pepaya adalah metode alami yang mudah dan efektif. Daging kambing sendiri terkenal dengan cita rasa lezatnya yang khas.

Namun, bau prengus yang dimiliki daging kambing kerap kali menjadi alasan bagi sebagian orang untuk enggan mengolahnya. Bau ini juga yang sering kali muncul dan mengganggu aroma serta cita rasa masakan.

Salah satu solusi alami dan efektif untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan daun pepaya. Daun pepaya mengandung enzim papain yang memiliki kemampuan untuk memecah protein dan lemak dalam daging.

Enzim ini tidak hanya membantu melunakkan daging, tetapi juga mampu menghilangkan bau prengus yang khas pada daging kambing. Selain itu, daun pepaya juga memiliki aroma alami yang dapat menyamarkan bau tidak sedap.



Dirangkum dari kanal YouTube Home Cooking, Senin (17/6/2024), Anda perlu menyiapkan beberapa lembar daun pepaya tua kemudian diremas-remas.

Tata daun pepaya di atas daging kambing yang siap diolah dan tumpuk dengan sisa daun pepaya lainnya. Pastikan seluruh daging sudah terlumur oleh remasan daun pepaya.

Setelahnya, diamkan daging kambing yang sudah ditumpuk dengan daun pepaya selama 30 menit. Bila sudah, daging kambing pun siap diolah dan tak mengeluarkan bau prengus. Daging juga bisa jadi lebih empuk saat disantap.

Anda juga bisa memaksimalkan cara menghilangkan bau pada daging kambing ini dengan tidak mencuci daging. Pasalnya, mencuci daging kambing akan membuat baunya semakin kuat.



Apalagi, jika daging tersebut direndam sehingga membuat cairan daging akan keluar bersama dengan baunya.

Untuk hasil yang lebih optimal, Anda bisa menambahkan bumbu rempah seperti jahe, bawang putih, dan kunyit saat merendam daging kambing. Rempah-rempah ini tidak hanya membantu menghilangkan bau, tetapi juga menambah cita rasa pada daging.

Jika tidak ada daun pepaya, Anda bisa menggunakan getah pepaya atau buah pepaya yang masih muda sebagai alternatif. Caranya sama, yakni dengan merendam daging kambing dalam getah atau parutan buah pepaya.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)
pixels