8 Cara Menyimpan Daging Kurban yang Benar, Tidak Perlu Dicuci

Selasa, 18 Juni 2024 - 14:00 WIB
loading...
8 Cara Menyimpan Daging Kurban yang Benar, Tidak Perlu Dicuci
Menyimpan daging kurban dengan benar sangat penting untuk menjaga kualitas, kehalalan, dan keamanannya. Daging yang disimpan dengan baik bertahan lebih lama. Foto/Istock Photo Creative Images
A A A
JAKARTA - Menyimpan daging kurban dengan benar sangat penting untuk menjaga kualitas, kehalalan, dan keamanannya. Daging yang disimpan dengan baik dapat bertahan lebih lama dan tetap aman untuk dikonsumsi.

Menyimpan daging kurban dengan benar membutuhkan perhatian terhadap detail-detail kebersihan dan penanganan yang baik. Dengan cara yang tepat, Anda bisa memastikan bahwa daging kurban segar, aman, dan berkualitas tinggi untuk dikonsumsi.

Menyimpan daging dengan baik tidak hanya menjaga kesehatan keluarga, tetapi juga menghormati nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Berikut adalah delapan cara menyimpan daging kurban yang benar dilansir dari Delish, Selasa (18/6/2024).

8 Cara Menyimpan Daging Kurban yang Benar





1. Segera Dinginkan Daging


Setelah daging disembelih dan dibersihkan, penting untuk segera menurunkan suhu daging. Daging yang dibiarkan pada suhu ruangan terlalu lama dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Oleh karena itu, segera letakkan daging di lemari es atau pendingin untuk menjaga kesegarannya.

Jangan biarkan daging lebih dari 2 jam di suhu ruangan. Jika cuaca sangat panas yakni di atas 32 derajat celsius, kurangi waktu ini menjadi maksimal 1 jam.

2. Potong Daging Menjadi Kecil


Potong daging menjadi bagian-bagian kecil sebelum disimpan. Bagian yang lebih kecil akan lebih mudah untuk disimpan dan dimasak, serta memastikan pendinginan yang lebih merata.

Pastikan menggunakan pisau yang tajam dan bersih. Kemudian pisahkan bagian daging yang berbeda misalnya, daging merah, jeroan, dan lemak.

3. Gunakan Wadah atau Plastik yang Bersih dan Tertutup


Simpan daging dalam wadah atau plastik yang bersih dan kedap udara. Ini akan membantu mencegah kontaminasi dan menjaga daging tetap segar lebih lama.

Gunakan kantong plastik khusus makanan atau wadah yang dapat ditutup rapat. Jika menggunakan plastik, pastikan untuk mengeluarkan udara sebanyak mungkin sebelum menutupnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0951 seconds (0.1#10.140)
pixels