5 Tips Masak Daging Kurban Empuk dan Hemat Gas

Minggu, 16 Juni 2024 - 09:41 WIB
loading...
5 Tips Masak Daging Kurban Empuk dan Hemat Gas
Salah satu yang perlu Anda perhatikan saat mengolah daging ialah membuat daging tersebut empuk dan bumbunya meresap. Meski harus empuk, Anda juga tetap perlu menghemat gas. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Mengolah daging kurban menjadi santapan yang lezat menjadi dambaan setiap keluarga. Di momen Idul Adha ini, ada banyak menu olahan daging yang bisa Anda buat untuk disantap bersama keluarga.

Salah satu yang perlu Anda perhatikan saat mengolah daging ialah membuat daging tersebut empuk dan bumbunya meresap. Meski harus empuk, Anda juga tetap perlu menghemat gas.

Jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengempukkan daging kurban, baik sapi ataupun kambing. Selain empuk, cara ini juga bisa membuat gas Anda lebih hemat.



Penasaran bagaimana caranya? Berikut tipsnya, melansir kanal YouTube Dapur Ireng Manis, Minggu (16/6/2024).

1. Rebus Air

Pertama ialah merebus air. Pastikan air direbus hingga mendidih sebelum daging dimasukkan. Setelah air mendidih, baru masukkan daging dan tutup. Anda bisa merebusnya kurang lebih selama 5 menit. Pastikan panci tertutup rapat saat merebus daging.

2. Jangan Buka Tutup Panci

Kemudian tidak membuka tutup panci. Selama merebus, jangan membuka tutup panci dan membuat uapnya keluar. Bila sering membukanya, hal ini bisa mempengaruhi kematangan daging yang tengah direbus dan berdampak pada keempukkannya.

3. Diamkan 30 Menit

Setelah matang, pastikan daging tetap di dalam panci selama 30 menit dan tetap dalam keadaan panci tertutup. Cara ini bisa membuat daging masak sempurna sehingga empuk dimakan.


4. Nyalakan Kompor Lagi

Setelah didiamkan selama 30 menit, segera nyalakan kompor kembali. Rebus lagi daging sampai air mendidih selama 7 menit. Lagi-lagi Anda tak boleh membuka tutup panci agar daging tetap maksimal proses perebusannya.

5. Diamkan 15 Menit

Setelah rebusan kedua, matikan kompor dan diamkan selama 15 menit. Semakin lama daging didiamkan, akan semakin empuk saat dimakan. Setelahnya, tutup panci bisa dibuka dan daging bisa diolah sesuai selera.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1301 seconds (0.1#10.140)
pixels