Penyakit Apa Saja yang Tidak Boleh Makan Daging Kambing?

Kamis, 20 Juni 2024 - 14:55 WIB
loading...
Penyakit Apa Saja yang...
Ada beberapa penyakit yang tidak boleh makan daging kambing demi mencegah masalah kesehatan yang serius. Daging kambing hidangan yang banyak digemari. Foto/Licious
A A A
JAKARTA - Ada beberapa penyakit yang tidak boleh makan daging kambing demi mencegah masalah kesehatan yang serius. Daging kambing merupakan salah satu hidangan yang banyak digemari, terutama saat momen Iduladha.

Daging kambing juga kaya akan protein, zat besi, dan vitamin B12 yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, konsumsi daging kambing perlu diperhatikan bagi beberapa orang dengan penyakit tertentu.

Bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu, konsumsi daging kambing harus dilakukan dengan hati-hati dan dalam jumlah yang terbatas. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.

Berikut beberapa penyakit yang perlu berhati-hati dalam mengonsumsi daging kambing seperti dilansir dari Health Line, Kamis (20/6/2024).

Penyakit Apa Saja yang Tidak Boleh Makan Daging Kambing?





1. Tekanan Darah Tinggi


Daging kambing mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini berpotensi memperburuk kondisi hipertensi pada penderita tekanan darah tinggi.

2. Penyakit Ginjal


Daging kambing mengandung purin yang dapat diubah menjadi asam urat di dalam tubuh. Asam urat yang berlebihan dapat memicu serangan gout pada penderita penyakit ginjal.

3. Kolesterol Tinggi


Daging kambing mengandung kolesterol yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Bagi penderita kolesterol tinggi, konsumsi daging kambing berlebihan dapat memperburuk kondisi dan meningkatkan risiko penyakit jantung.



4. Asam Urat


Daging kambing mengandung purin yang dapat diubah menjadi asam urat di dalam tubuh. Asam urat yang berlebihan dapat memicu serangan gout bagi penderita asam urat.

5. Gangguan Pencernaan


Daging kambing mengandung lemak yang dapat sulit dicerna oleh orang dengan gangguan pencernaan seperti maag, gerd, atau IBS. Konsumsi daging kambing dapat memperparah gejala seperti mual, kembung, dan diare.

6. Alergi Daging Kambing


Beberapa orang memiliki alergi terhadap daging kambing. Gejala alergi daging kambing dapat berupa gatal-gatal, ruam kulit, bengkak, dan kesulitan bernapas.

Tips Aman Mengonsumsi Daging Kambing



1. Pilih potongan daging kambing yang lebih sedikit lemaknya.
2. Batasi jumlah konsumsi daging kambing.
3. Olah daging kambing dengan cara sehat.
4. Perhatikan bumbu dan penyajian.
5. Pantau kondisi kesehatan setelah mengonsumsi daging kambing.

(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)