8 Gerakan Yoga untuk Memperlancar Menstruasi, Cukup Lakukan 10 Menit

Jum'at, 21 Juni 2024 - 09:00 WIB
loading...
A A A

3. Setubandhasana


Gerakan yang dikenal sebagai pose jembatan ini memperkuat otot punggung, meningkatkan sirkulasi darah, dan menstimulasi organ perut, membantu keseimbangan hormon.

Berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan kaki rata di lantai, dibuka selebar pinggul. Letakkan lengan Anda di samping tubuh Anda, telapak tangan menghadap ke bawah. Tarik napas dan angkat pinggul ke arah langit-langit, tekan kaki dan lengan ke lantai. Tahan pose tersebut selama 30 detik hingga 1 menit, lalu buang napas dan perlahan turunkan pinggul kembali ke lantai.

4. Garudasana


Dikenal dengan pose elang, gerakan ini meningkatkan keseimbangan dan konsentrasi sambil meregangkan pinggul, paha, bahu, dan punggung atas, meningkatkan sirkulasi dan relaksasi.

Berdirilah dengan kaki rapat. Tekuk lutut sedikit dan angkat kaki kiri, lingkarkan di sekitar kaki kanan. Kemudian silangkan lengan kanan ke kiri dan tekuk siku, satukan kedua telapak tangan. Tahan pose ini selama 30 detik hingga 1 menit, lalu ganti sisi.



5. Malasana


Gerakan ini membuka pinggul dan meregangkan punggung bagian bawah, meningkatkan relaksasi dan meningkatkan sirkulasi panggul. Caranya, berdirilah dengan kaki dibuka selebar pinggul.

Tekuk lutut dan turunkan pinggul hingga membentuk posisi jongkok, rapatkan kedua tangan di dada dalam posisi berdoa. Jaga punggung tetap lurus dan tumit di lantai. Tahan pose tersebut selama 1-2 menit.

6. Viparita Karani


Viparita Karani atau pose kaki ke atas dinding adalah gerakan yoga yang meningkatkan relaksasi, mengurangi stres, dan meningkatkan sirkulasi darah ke area panggul.

Caranya, duduklah di samping dinding dan berbaring telentang. Ayunkan kaki Anda ke atas dinding dan sesuaikan posisi Anda sehingga pinggul Anda dekat dengan dinding. Istirahatkan lengan Anda di sisi tubuh, telapak tangan menghadap ke atas.

7. Vakrasana


Dikenal sebagai pose duduk memutar memijat organ perut, gerakan ini meningkatkan pencernaan, dan meningkatkan fleksibilitas tulang belakang, meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan dan keseimbangan hormonal.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1230 seconds (0.1#10.140)