7 Manfaat Rutin Mengonsumsi Rumput Laut bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Sabtu, 29 Juni 2024 - 05:05 WIB
loading...
7 Manfaat Rutin Mengonsumsi Rumput Laut bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Rumput laut mengandung antioksidan dan nutrisi bermanfaat seperti yodium, tirosin, vitamin, dan mineral yang dapat membantu kesehatan jantung serta usus sekaligus meningkatkan keseimbangan gula darah jika dikonsumsi. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Rumput laut mengandung antioksidan dan nutrisi bermanfaat seperti yodium, tirosin, vitamin, dan mineral yang dapat membantu kesehatan jantung serta usus sekaligus meningkatkan keseimbangan gula darah jika dikonsumsi.

Rumput laut paling sering dikonsumsi di negara-negara Asia Timur seperti Jepang, Korea, dan China yang disantap menjadi berbagai macam hidangan seperti sushi, sup, salad, suplemen, hingga smoothie.

Dilansir dari laman Healthline, berikut 7 manfaat rumput laut bagi kesehatan.


1. Mengandung Yodium dan Tirosin yang Dukung Fungsi Tiroid

Kelenjar tiroid pada tubuh melepaskan hormon untuk membantu mengontrol pertumbuhan, produksi energi, reproduksi, dan perbaikan sel-sel yang rusak pada tubuh. Tiroid sendiri bergantung pada yodium untuk membuat hormon. Tanpa yodium yang cukup, tubuh akan mengalami perubahan berat badan, kelelahan, hingga pembengkakan leher.

Rumput laut memiliki kemampuan unik untuk menyerap yodium dari laut dengan kandungan yang bervariasi tergantung pada jenis rumput laut itu tumbuh dan diproses. Faktanya, satu lembar rumput laut kering dapat mengandung antara 16 mcg per gram dan 2.984 mcg/g.

2. Sumber Vitamin dan Mineral

Rumput laut mengandung sejumlah vitamin A, C, E, dan K, serta folat, seng, natrium, kalsium, dan magnesium. Meskipun jumlah kandungannya tak banyak, mengonsumsi rumput laut sekali atau dua kali per minggu dapat menambahkan lebih banyak nutrisi.

Protein yang ada di beberapa rumput laut mengandung asam amino. Rumput laut juga bisa menjadi sumber lemak omega-3 dan vitamin B12, terutama jenis rumput laut hijau dan ungu kering. Sebanyak 2,4 mcg vitamin B12 terkandung dalam 4-8 gram rumput laut.

3. Mengandung Antioksidan

Antioksidan dapat menurunkan zat yang tidak stabil dalam tubuh agar mencegah kerusakan sel tubuh. Rumput laut juga mengandung berbagai senyawa, termasuk flavonoid dan karotenoid untuk melindungi sel-sel tubuh.

4. Mengandung Serat dan Polisakarida untuk Kesehatan Usus

Banyaknya jumlah sel bakteri pada tubuh yang terbagi menjadi jenis bakteri “baik” dan “buruk” dapat menjadi potensi penyakit jika tidak ada keseimbangan antara keduanya.

Rumput laut adalah sumber serat yang sangat baik untuk kesehatan usus. Polisakarida juga dapat meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek yang meningkatkan fungsi dan nutrisi pada sel-sel yang melapisi usus.

5. Bantu Menurunkan Berat Badan

Serat yang terkandung pada rumput laut dapat memperlambat pengosongan perut yang membuat perut terasa kenyang lebih lama dan dapat menunda rasa lapar.

Rumput laut juga dianggap memiliki efek antiobesitas dengan adanya zat fucoxanthin yang dapat membantu mengurangi lemak tubuh.


6. Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung di antaranya kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, merokok, hingga obesitas. Rumput laut dapat membantu mengurangi kadar kolesterol darah. Sebuah meta-analisis tahun 2023 menemukan bahwa konsumsi rumput laut cokelat secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol total dan LDL.

Penyakit jantung juga bisa disebabkan oleh pembekuan darah yang berlebihan. Rumput laut mengandung karbohidrat yang disebut fucans, yang dapat membantu mencegah pembekuan darah.

7. Bantu Kurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Rumput laut telah menjadi fokus penelitian untuk penemuan baru dalam mengatasi risiko diabetes. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa fucoxanthin yang terdapat dalam rumput laut cokelat dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah.

Demikian ulasan seputar manfaat mengonsumsi rumput laut bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat. MG/Kayla Nathaniel Bilbina
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1234 seconds (0.1#10.140)
pixels