9 Ciri-ciri Ginjal Rusak karena Kebiasaan Konsumsi Minuman Manis

Sabtu, 29 Juni 2024 - 11:00 WIB
loading...
9 Ciri-ciri Ginjal Rusak karena Kebiasaan Konsumsi Minuman Manis
Ciri-ciri ginjal rusak karena kebiasaan konsumsi minuman manis penting diketahui. Ini karena ginjal organ penting tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri ginjal rusak karena kebiasaan konsumsi minuman manis penting diketahui. Ini karena ginjal organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah, membuang limbah, dan mengatur keseimbangan cairan serta elektrolit.

Kebiasaan mengonsumsi minuman manis, seperti minuman bersoda, jus buah dengan tambahan gula, dan minuman energi, dapat berdampak buruk pada kesehatan ginjal .

Pada kasus ringan, perubahan gaya hidup seperti mengurangi konsumsi minuman manis, menjaga pola makan, dan berolahraga secara teratur dapat membantu memperlambat kerusakan ginjal. Pada kasus yang lebih parah, dialisis atau transplantasi ginjal diperlukan.

Berikut ini adalah ciri-ciri ginjal rusak akibat kebiasaan minum minuman manis dilansir dari Mayo Clinic, Sabtu (29/8/2024).

Ciri-ciri Ginjal Rusak karena Kebiasaan Konsumsi Minuman Manis





1. Pembengkakan (Edema)


Pembengkakan pada bagian tubuh seperti kaki, pergelangan kaki, tangan, dan wajah bisa menjadi tanda ginjal yang rusak. Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik akan sulit membuang kelebihan cairan, sehingga terjadi penumpukan cairan di jaringan tubuh.

2. Perubahan pada Urine


Perubahan dalam pola urinasi dan warna urine adalah tanda-tanda ginjal yang bermasalah. Hal-hal yang perlu diperhatikan meliputi fekuensi urinasi, warna urine, bau urine, dan darah dalam urine.

3. Kelelahan yang Berlebihan


Ginjal yang rusak dapat menyebabkan penumpukan limbah dalam darah, yang dapat menyebabkan kelelahan ekstrim dan lemah. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya produksi hormon erythropoietin, yang berperan dalam pembentukan sel darah merah.

4. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)


Ginjal membantu mengatur tekanan darah melalui pengaturan keseimbangan natrium dan produksi hormon yang mempengaruhi pembuluh darah. Konsumsi berlebihan minuman manis dapat meningkatkan risiko hipertensi, yang kemudian dapat merusak ginjal lebih lanjut.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)
pixels