5 Buah Ini Tidak Sesehat yang Dikira, Jeruk Bikin Asam Lambung Naik

Sabtu, 29 Juni 2024 - 15:00 WIB
loading...
5 Buah Ini Tidak Sesehat yang Dikira, Jeruk Bikin Asam Lambung Naik
Buah umumnya dianggap sebagai makanan yang sehat untuk tubuh. Buah juga dipercaya sebagai makanan segar, penuh warna dan kaya akan nutrisi yang dibutuhkan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Buah umumnya dianggap sebagai makanan yang sehat untuk tubuh. Buah juga dipercaya sebagai makanan segar, penuh warna dan kaya akan nutrisi yang dibutuhkan sehari-hari.

Di sisi lain, Buah sering dianggap sebagai permen alami, penuh vitamin, serat, dan antioksidan. Namun di balik seluruh keuntungan tersebut, tidak semua buah memiliki manfaat yang sama pada setiap orang.

Pasalnya, beberapa di antaranya diam-diam dapat berdampak buruk bagi kesehatan seperti memicu asam lambung naik. Kondisi ini umumnya terjadi bila buah dikonsumsi berlebihan atau dalam bentuk tertentu.

Berikut adalah lima buah yang tidak sesehat yang Anda kira dilansir dari Times of India, Sabtu (29/6/2024).

5 Buah Ini Tidak Sesehat yang Dikira





1. Jeruk


Jeruk sering dikenal dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi, sehingga sangat bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun, kelezatan jeruk ini bisa menjadi pedang bermata dua. Jeruk sangat asam, yang dapat menyebabkan asam lambung naik sehingga menyebabkan rasa terbakar dan tidak nyaman.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Gastroenterology and Hepatology, buah jeruk merupakan pemicu asam lambung yang signifikan. Bagi individu yang rentan terkena penyakit asam lambung atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), mengonsumsi jeruk dapat meningkatkan gejalanya.

Keasaman dapat mengiritasi lapisan esofagus dan memperburuk peradangan. Meskipun jeruk sesekali baik-baik saja bagi sebagian besar orang, mereka yang memiliki perut sensitif harus mengonsumsinya dalam jumlah sedang atau memilih buah-buahan yang tidak terlalu asam seperti pisang atau melon.

2. Leci


Leci adalah buah-buahan eksotis yang terkenal dengan rasa manis, dan teksturnya yang berair. Meskipun lezat dan kaya akan vitamin dan antioksidan, buah ini mempunyai bahaya tersembunyi.

Leci mengandung racun alami yang disebut hipoglisin A. Kandungan itu dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah secara signifikan, terutama jika dikonsumsi saat perut kosong.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)
pixels