Waspadai 12 Gejala Kanker Nasofaring

Kamis, 23 Mei 2019 - 13:30 WIB
Waspadai 12 Gejala Kanker Nasofaring
Waspadai 12 Gejala Kanker Nasofaring
A A A
JAKARTA - Penyakit kanker nasofaring seperti yang diidap Ustaz Arifin Ilham merupakan jenis kanker langka yang menyerang nasofaring atau bagian atas tenggorokan di belakang hidung dan dekat pangkal tengkorak.

Nasofaring merupakan bagian atas tenggorokan (faring) yang terletak di belakang hidung. Ini adalah ruang seperti kotak sekitar 1 ½ inci di setiap tepi. Letaknya tepat di atas bagian lunak atap mulut (langit-langit lunak) dan tepat di belakang saluran hidung.

Dilansir Cancer Research UK, beberapa orang dengan kanker nasofaring tidak memiliki gejala sama sekali. Namun penting memberi tahu dokter, jika Anda memiliki gejala-gejala berikut ini.

1. Benjolan atau pertumbuhan di area leher mana pun yang tidak hilang setelah 3 minggu (ini mungkin satu-satunya tanda yang Anda miliki).2. Gangguan pendengaran. Kondisi ini biasanya hanya terjadi pada satu sisi.
3. Dering di telinga (tinnitus).
4. Pengumpulan cairan di telinga.
5. Hidung tersumbat, terutama tersumbat di satu sisi.
6. Keluarnya darah dari hidung.
7. Sakit kepala.
8. Visi ganda.
9. Mati rasa pada bagian bawah wajah.
10. Kesulitan menelan.
11. Perubahan suara, seperti suara serak.
12. Penurunan berat badan.

Perlu diingat, gejala-gejala tersebut lebih mungkin terjadi dengan banyak penyakit lain dan kondisi kesehatan yang jauh lebih serius daripada kanker nasofaring. Jadi, segera beri tahu dokter umum jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut, terutama jika sudah berlangsung lebih dari 3 minggu. (Baca juga: Mengenal Penyakit Ustaz Arifin Ilham, mulai Getah Bening hingga Kanker Nasofaring ).

Semakin dini penyakit itu diangkat, semakin mudah untuk diobati dan semakin besar kemungkinan perawatan akan berhasil. Jika dokter mencurigai gejala tersebut karena kanker nasofaring, mereka akan merujuk Anda ke spesialis.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0185 seconds (0.1#10.140)