12 Destinasi Wisata di Jogja dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi saat Libur Panjang

Rabu, 03 Juli 2024 - 03:30 WIB
loading...
12 Destinasi Wisata di Jogja dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi saat Libur Panjang
Jogja atau Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Kota ini memiliki banyak tempat menarik yang wajib dikunjungi oleh wisatawan ketika liburan. Foto/iStock
A A A
YOGYAKARTA - Jogja atau Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Kota ini memiliki banyak tempat menarik yang wajib dikunjungi oleh wisatawan ketika liburan.

Yogyakarta yang terkenal dengan kekayaan budaya dan sejarahnya ini menawarkan berbagai destinasi wisata yang tak hanya menarik, tetapi juga unik. Dari situs bersejarah nan megah, pantai-pantai yang menawan, hingga tempat-tempat kuliner yang menggoda, Yogyakarta memiliki segalanya.

Setiap tempat di Yogyakarta memiliki daya tarik tersendiri yang akan membuat momen liburan semakin seru dan berkesan. Berikut adalah destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi di Jogja dan sekitarnya.


1. Candi Borobudur

Mulailah petualangan dengan mengunjungi Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Meski terhitung berada di luar kota, namun tempat wisata ini menduduki peringkat pertama dalam daftar 10 tempat teratas yang wajib dikunjungi di Yogyakarta, dan itu bukan tanpa alasan.

Candi Buddha yang megah ini menempati lokasi yang sangat indah dengan latar pegunungan serta pemandangan alam yang mempesona. Candi Borobudur juga merupakan struktur Buddha terbesar di dunia. Hanya butuh satu jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta dan mudah dijangkau dengan transportasi umum.

2. Candi Prambanan

Jika Anda bertanya-tanya apa yang harus dilihat di Yogyakarta, pastikan untuk memasukkan Candi Prambanan dalam rencana perjalanan Anda. Kompleks Hindu yang mengesankan ini terdiri dari beberapa candi kecil yang mengelilingi kelompok candi utama. Setiap candi memiliki karakteristik yang berbeda, namun tetap indah. Candi Prambanan adalah contoh arsitektur Hindu yang luar biasa dan menarik banyak pecinta sejarah dan arsitektur.

3. Candi Sewu

Meskipun sebagian besar kompleks ini sedang dalam tahap restorasi, struktur terbaik yang berdiri tinggi di kompleks candi tiga antena di sebelah Candi Prambanan adalah Candi Sewu. Dua patung raksasa akan menyambut Anda di pintu masuk dan menuntun menuju candi utama. Candi Sewu merupakan kompleks candi Buddha terbesar kedua di Jawa dan menjadi salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Yogyakarta.

4. Pinus Pengger

Sebagai tambahan yang relatif baru di daftar tempat teratas untuk dikunjungi di Yogyakarta, Pinus Pengger, hanya berjarak satu jam perjalanan dari pusat kota. Ini adalah taman bertema hutan yang memiliki patung-patung menarik seperti "Tangan" yang sangat Instagrammable dan tempat yang bagus untuk berfoto, terutama saat matahari terbenam.

Meskipun berada di pinggiran kota, Pinus Pengger adalah salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi dekat Yogyakarta.


5. Taman Sari

Juga dikenal sebagai Istana Air, Taman Sari adalah bekas istana kerajaan di distrik Keraton yang pernah menjadi istana kerajaan. Ini adalah salah satu tempat bersejarah populer di Yogyakarta yang harus dikunjungi. Taman Sari dibagi menjadi empat area terpisah dengan area pemandian sebagai yang paling menarik, terdiri dari dua kolam besar yang dipisahkan oleh menara pengawas tiga lantai yang mengesankan. Saat menjelajahi taman yang indah di sekitarnya, Anda akan menemukan masjid bawah tanah sebagai sorotan lainnya.

6. Gunung Merapi

Salah satu atraksi populer di Yogyakarta adalah Gunung Merapi. Banyak operator tur yang menyediakan tur jeep ke gunung berapi ini. Tur jeep juga akan membawa Anda ke museum yang menarik yang memperingati letusan terbaru. Museum ini mencatat semua detail letusan dan memberikan wawasan tentang dampak bencana tersebut.

7. Taman Nasional Kalibiru

Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Yogyakarta tanpa mengunjungi Taman Nasional Kalibiru. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan indah dan mengambil foto klasik di tepi tebing dengan properti yang telah disediakan. Anda harus membayar Rp10.000 untuk berfoto di setiap spot. Menyewa taksi dari Kota Yogyakarta adalah pilihan terbaik karena jalur menuju Kalibiru cukup curam untuk sepeda motor.

8. Goa Jomblang

Salah satu tempat petualangan di Yogyakarta adalah Goa Jomblang. Di sini, Anda bisa merasakan sensasi rappelling melalui gua vertikal yang gelap dan berlumpur untuk melihat "Cahaya Surga" yang menerangi gua tersebut. Dibatasi jumlah pengunjung setiap hari, jadi datanglah lebih awal untuk mendapatkan tempat. Goa ini adalah bagian dari sistem gua yang mencapai seluruh Gunung Kidul dan terbentuk sekitar seribu tahun yang lalu.

9. Museum Ullen Sentalu

Jika Anda memiliki waktu luang, kunjungi museum pribadi ini yang terdiri dari area dalam dan luar ruangan yang menampilkan sejarah dan budaya Jawa melalui berbagai pajangan seperti foto, patung, lukisan, dan kain. Tiket masuk sudah termasuk pemandu yang akan memberikan informasi tentang berbagai pameran serta sejarah kuno Jawa.

10. Pantai Timang

Banyak pantai di sekitar Yogyakarta yang menawarkan pengalaman menyenangkan, salah satunya Pantai Timang. Tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati suasana yang tenang. Terdapat banyak tempat makan di sepanjang pantai yang menyajikan makanan laut yang lezat dengan harga terjangkau. Anda juga bisa berenang di beberapa bagian pantai.


11. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta, juga dikenal sebagai Istana Sultan, adalah salah satu bangunan yang direncanakan dengan cermat di Indonesia. Keraton dibangun untuk mencerminkan kosmos Jawa. Daya tarik ini merupakan hubungan sempurna antara alam, manusia, dan Tuhan. Tempat ini terletak di jantung kota dan dianggap sebagai tempat kebanggaan dan kemuliaan nasional.

Keraton dibangun menghadap Gunung Merapi. Pengunjung dapat melihat arsitektur Jawa yang autentik dengan sentuhan perencanaan Buddha, Hindu, dan Islam. Alun-Alun Lor terletak di depan istana dan Alun-Alun Kidul di sebelah selatan istana untuk menentukan poros dan arah. Pintu gerbang selatan mengarah ke makam kerajaan yang terletak di Imogiri di mana Sultan dimakamkan.

Keraton Yogyakarta buka pukul 08:30 hingga 13:30 dari Sabtu hingga Kamis. Pada Jumat, buka dari pukul 08:30 hingga 12:30. Tutup di hari libur nasional.

12. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro adalah jalan komersial utama di Yogyakarta, populer untuk berbelanja dan makan. Terletak di jantung kota, area ini penuh dengan hotel, restoran, kafe, dan toko yang trendi, baik besar maupun kecil. Setelah matahari terbenam, beberapa restoran dan tempat makan terbuka melayani turis yang lapar di jalanan. Musisi jalanan dan seniman juga menjadi pemandangan populer di jalan ini sepanjang hari.

Dengan banyaknya tempat menarik, Yogyakarta menjadi destinasi yang sempurna untuk liburan. Pastikan Anda mengunjungi tempat-tempat tersebut untuk mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan! MG/Muflihati Chairunnisa
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 3.0072 seconds (0.1#10.140)
pixels