Sandiaga Uno Resmikan Pulau Derawan sebagai Satu dari 50 Desa Wisata Terbaik se-Indonesia

Rabu, 03 Juli 2024 - 19:08 WIB
loading...
A A A
"Ke depan akan kita ajak lebih banyak lagi komunitas, NGO, dan juga peran media (untuk mengembangkan pariwisata hijau di Pulau Derawan)," lanjutnya.



Pulau Derawan telah menjadi magnet bagi wisatawan Nusantara maupun mancanegara. Kekayaan alam bawah lautnya selalu mempesona para penyelam. Tidak heran jika Pulau Derawan dinobatkan sebagai salah satu spot diving terbaik di Indonesia, selain Raja Ampat.

Hal tersebut ternyata memberikan dampak pada pendapatan Desa Wisata Pulau Derawan. Di mana dari ratusan kampung yang ada di Kabupaten Berau, Pulau Derawan salah satu yang mencetak pendapatan asli kampung tertinggi.

"Artinya pariwisata berhasil menggerakkan ekonomi yang bisa membangun negeri. Untuk itu saya nyatakan Desa Wisata Pulau Derawan sebagai desa wisata terbaik se-Indonesia," ujar Sandiaga.

Sandiaga juga mengatakan, program ADWI tidak berhenti setelah Desa Wisata Pulau Derawan dinobatkan sebagai desa wisata terbaik se-Indonesia. Ia menyebut, nantinya akan ada program pendampingan lanjutan berkolaborasi dengan dunia usaha maupun dari beberapa instansi pemerintah lain.

"Seluruh desa wisata yang sudah masuk ke dalam 50 desa wisata terbaik akan mendapatkan pendampingan. Dan ini (Pulau Derawan) telah menjadi bagian dari 6.016 desa wisata seluruh Indonesia," kata Sandiaga.

Di momen tersebut, Sandiaga berkesempatan menjajal taman bawah laut di Pulau Derawan yang menjadi rumah bagi beberapa spesies yang dilindungi seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, ikan barakuda, dan beberapa spesies lain.

Usai melakukan rangkaian visitasi Desa Wisata Pulau Derawan, Sandiaga bergerak menuju Pulau Kakaban yang saat ini di tutup sementara karena sedang dalam proses pemulihan ubur-ubur. Sandiaga kemudian menuju Laguna Kehe Daeng untuk snorkeling dan bermain paddle. Agenda dilanjutkan dengan meninjau sarana dan prasarana yang ada di Goa Halo Tabung.

Tidak hanya snorkeling di Lagina Kehe Daeng, Sandiaga juga menjajal snorkeling di Pratasaba Resort.
(tsa)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)