7 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Otak, Bantu Cegah Pikun

Jum'at, 05 Juli 2024 - 12:20 WIB
loading...
7 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Otak, Bantu Cegah Pikun
Makanan yang baik untuk kesehatan otak bisa membantu mencegah pikun atau terkena penyakit Alzheimer. Mengonsumsi lemak sehat meningkatkan kesehatan kognitif. Foto/Prevention
A A A
JAKARTA - Makanan yang baik untuk kesehatan otak bisa membantu mencegah pikun atau terkena penyakit Alzheimer. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lemak sehat, karotenoid, vitamin E, dan kolin meningkatkan kesehatan kognitif dan otak serta menunda penuaan otak.

Di sisi lain, para ahli menyarankan untuk membatasi makanan yang tinggi lemak jenuh, seperti makanan yang digoreng dan daging olahan, serta makanan yang tinggi gula. Seperti halnya minuman manis dan permen untuk menjaga kesehatan otak .

Sebuah penelitian kecil menemukan bahwa asupan gula yang lebih tinggi pada orang dewasa yang lebih tua dikaitkan dengan risiko dua kali lipat terkena Alzheimer. Di mana setiap kenaikan 10 persen kalori dari total gula meningkatkan risiko demensia sekitar 40 persen.

Berikut adalah makanan yang baik untuk kesehatan otak dilansir dari Yahoo Life, Jumat (5/7/2024).

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Otak





1. Stroberi


Stroberi kaya akan flavonoid , antosianin, dan vitamin C, yang semuanya memberikan manfaat antiradang dan antioksidan. Dalam sebuah studi observasional 2019, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi stroberi setidaknya seminggu sekali dapat mengurangi risiko Alzheimer hingga 34 persen.

Studi lain di British Journal of Nutrition menemukan bahwa orang dewasa sehat berusia antara 60 dan 75 tahun yang mengonsumsi dua cangkir stroberi sehari selama 90 hari mengalami peningkatan kemampuan belajar dan daya ingat.

Stroberi bisa dikonsumsi dengan menambahkannya ke dalam oatmeal, yogurt, dan salad. Selain itu, Anda juga bisa sekadar menikmatinya sebagai camilan manis, beserta konsumsi buah beri lainnya untuk perlindungan yang maksimal.

2. Ikan Salmon


Menurut Cleveland Clinic, ikan air dingin merupakan salah satu sumber omega-3 DHA (asam docosahexaenoic) berbasis laut terbaik, yang dapat membantu menurunkan risiko Alzheimer dan demensia. Satu porsi salmon matang seberat 4 ons menyediakan lebih dari 1.000 miligram asam lemak omega-3 EPA dan DHA.

Jumlah tersebut jauh melebihi rekomendasi Dietary Guidelines for Americans sebesar 250 miligram asam lemak omega-3 dari makanan laut per hari dan rekomendasi American Heart Association sebesar 1.000 miligram per hari untuk kesehatan jantung.

Ikan salmon juga merupakan sumber karotenoid antioksidan yang mengejutkan, yang telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer dan kondisi neurodegeneratif lainnya. FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) merekomendasikan salmon sebagai salah satu pilihan utama untuk meminimalkan paparan merkuri dari ikan yang mengandung omega-3, vitamin B12, selenium, zat besi, seng, yodium, kolin, dan protein rendah lemak yang menyehatkan otak.

3. Kacang Kenari


Konsumsi kacang kenari bisa bermanfaat untuk mengurangi stres oksidatif, peradangan, dan faktor risiko lain untuk penyakit Alzheimer. Kacang kenari merupakan sumber kacang terbaik untuk asam alfa-linolenat omega-3 (ALA), yang melindungi otak dengan memperbaiki penghalang darah dan otak, sesuatu yang penting untuk menjaga kesehatan otak.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3754 seconds (0.1#10.140)
pixels