6 Olahraga yang Membantu Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

Minggu, 07 Juli 2024 - 07:30 WIB
loading...
6 Olahraga yang Membantu...
Ada beberapa jenis olahraga yang membantu menurunkan berat badan tanpa diet ketat. Aktivitas fisik ini membakar kalori sehingga bentuk tubuh diinginkan. Foto/Health
A A A
JAKARTA - Ada beberapa jenis olahraga yang membantu menurunkan berat badan tanpa diet ketat. Aktivitas fisik ini terbukti dapat membakar kalori secara efektif sehingga mencapai bentuk tubuh yang diinginkan.

Olahraga sendiri memainkan peran penting dalam proses penurunan berat badan dan memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Untuk hasil yang maksimal, penting untuk melakukannya secara konsisten dan menikmati prosesnya.

Berikut adalah enam olahraga yang bisa membantu menurunkan berat badan tanpa diet dilansir dari Times of India, Minggu (7/7/2024).

6 Olahraga yang Membantu Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet





1. Naik Tangga


Naik tangga sangat bagus untuk membakar kalori dan meningkatkan kesehatan jantung. Ini adalah latihan intensitas tinggi yang melibatkan banyak kelompok otot, terutama kaki dan bokong.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine, menaiki tangga dapat membantu Anda membakar sekitar 0,17 kalori per langkah, yang akan bertambah dengan cepat jika menjadikannya sebagai bagian rutin dari rutinitas.

Mulailah dengan beberapa anak tangga dan secara bertahap tingkatkan jumlahnya seiring dengan peningkatan stamina Anda. Tambahkan menaiki tangga ke dalam rutinitas harian Anda dengan memilih tangga daripada lift bila memungkinkan.

2. Lompat Tali


Lompat tali bukan hanya untuk anak-anak. Ini adalah olahraga yang dapat membakar banyak kalori dalam waktu singkat. Sebuah studi dari Research Quarterly for Latihan dan Olahraga menyoroti bahwa lompat tali dapat membakar hingga 10 kalori per menit.

Ini juga meningkatkan koordinasi, kesehatan jantung, dan kekencangan otot. Mulailah dengan interval pendek, seperti melompat 30 detik diikuti istirahat 30 detik. Bertujuan untuk total 10-15 menit per sesi, secara bertahap tingkatkan durasinya seiring dengan peningkatan kebugaran Anda.

3. Pilates


Pilates berfokus pada penguatan tubuh, khususnya bagian inti, dan meningkatkan fleksibilitas dan postur. Sebuah studi dari Journal of Strength and Conditioning Research menemukan bahwa peserta yang berlatih Pilates selama 12 minggu mengalami peningkatan signifikan pada komposisi tubuh dan kekencangan otot.

Cari video pilates pemula secara online atau pertimbangkan untuk bergabung dengan kelas untuk mempelajari teknik yang benar. Tambahkan pilates ke dalam rutinitas Anda dua hingga tiga kali seminggu untuk hasil terbaik.



4. Joging


Jogging adalah cara yang mudah dilakukan untuk membakar kalori dan meningkatkan kesehatan jantung. Menurut penelitian dari American Council on Latihan, jogging dengan kecepatan sedang dapat membakar sekitar 298 kalori per 30 menit untuk orang dengan berat badan 155 pon.

Mulailah dengan berjalan kaki dan secara bertahap tingkatkan kecepatan Anda menjadi jogging. Usahakan jogging 20-30 menit 3-4 kali seminggu, dan padukan dengan interval jalan kaki jika diperlukan.

5. Yoga


Yoga sering dianggap sebagai latihan yang menenangkan, namun juga bisa menjadi alat yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan bahwa praktisi yoga memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah dibandingkan dengan non-praktisi.

Mulailah dengan pose ramah pemula seperti pose anjing ke bawah dan pose anak-anak. Tambahkan yoga ke dalam rutinitas Anda dua hingga tiga kali seminggu untuk mendapatkan manfaat terbaik.

6. Latihan Kekuatan


Latihan kekuatan, atau latihan ketahanan, sangat penting untuk membangun massa otot, yang pada gilirannya membantu meningkatkan metabolisme. Sebuah studi di jurnal Obesity menemukan bahwa orang yang melakukan latihan kekuatan secara teratur memiliki risiko kenaikan berat badan yang jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak.

Mulailah dengan latihan dasar seperti squat, lunge, dan push-up. Usahakan untuk melakukan latihan kekuatan dua hingga tiga kali seminggu, secara bertahap tingkatkan beban dan pengulangan seiring bertambahnya kekuatan Anda.

(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1230 seconds (0.1#10.140)