Bagaimana Olahraga Bisa Bikin Awet Muda? Ini Penjelasannya

Senin, 08 Juli 2024 - 06:06 WIB
loading...
Bagaimana Olahraga Bisa...
Olahraga juga terbukti memiliki manfaat untuk membuat seseorang jadi awet muda. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Olahraga selama ini dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Namun, faktanya ternyata lebih dari itu.

Pasalnya, menurut Dokter Spesialis Jantung dr. Furqon Satria, olahraga juga terbukti memiliki manfaat untuk membuat seseorang jadi awet muda.

Dokter Furqon menjelaskan, selama ini banyak orang kerap menyepelekan manfaat jangka panjang dari olahraga. Padahal, asalkan konsisten, berbagai jenis olahraga yang dilakukan dalam intensitas rendah sekali pun bisa membawa manfaat untuk mencegah penuaan dini.



“Olahraga bikin awet muda!! Kita cenderung underestimate benefit jangka panjang latihan low to moderate intensity,” ujar dr. Furqon dalam cuitan di akun X miliknya, @fsapradana.

Dokter Furqon melanjutkan, jenis olahraga dengan intensitas ringan maupun sedang yang dilakukan secara konsisten juga terbukti bisa meningkatkan efisiensi dan volume mitokondria. Hasilnya, tubuh menjadi lebih banyak energi dan cenderung tidak mudah lelah, dibanding mereka yang tidak melakukan olahraga sama sekali.

Untuk diketahui, mitokondria merupakan sebuah "mesin" penghasil energi tubuh dalam sel. Fungsi mitokondria yang paling utama adalah menghasilkan sebagian besar energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk tumbuh, beraktivitas, dan menjaga kelangsungan hidup. Berkat fungsi ini, mitokondria dikenal sebagai ‘pembangkit tenaga sel’.

“Tipe latihan ini meningkatkan efisiensi dan volume mitokondria, mesin penghasil energi tubuh dalam sel. Efeknya? Tubuh lebih banyak energi dan tidak mudah lelah,” tuturnya.

Dokter Furqon menambahkan, bonus utama yang didapatkan dari mitokondria yang sehat karena kebiasaan olahraga adalah, seseorang akan menjadi tampak lebih muda.



“Apa efek lain dari mitokondria yg sehat? Tampak lebih muda,” imbuhnya.

Dengan kata lain, makin banyak mitokondria, makin banyak juga kolagen yang dihasilkan. Kolagen adalah protein yang penting untuk kekuatan, kekenyalan, dan elastisitas kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh cenderung menurun, yang dapat menyebabkan kulit kendur dan keriput.

Dengan berolahraga secara teratur, kita dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh sehingga kulit tetap kencang dan awet muda.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1810 seconds (0.1#10.140)