Benarkah Susu Bisa Memperparah Asam Urat? Ini Faktanya

Selasa, 09 Juli 2024 - 09:41 WIB
loading...
Benarkah Susu Bisa Memperparah...
Susu merupakan salah satu minuman kaya manfaat karena berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Susu merupakan salah satu minuman kaya manfaat karena berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya. Namun, banyak mitos yang beredar di kalangan masyarakat terkait efek buruk susu terhadap kesehatan. Salah satunya bisa memperparah asam urat.

Jadi pertanyaan sekarang, apakah benar anggapan itu? Berikut ulasannya, melansir dari laman Medical News Today.

Mitos atau anggapan bahwa susu bisa memperburuk asam urat tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, beberapa jenis susu justru cenderung bermanfaat bagi penderita asam urat.



Produk susu tertentu dapat mengurangi risiko kadar asam urat tinggi dan asam urat. Arthritis Foundation bahkan menyarankan penderita asam urat untuk minum susu rendah lemak. Protein dalam susu terbukti dapat membantu tubuh membuang kelebihan asam urat, sehingga membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mengurangi risiko serangan asam urat.

Artikel tahun 2021 yang membahas tentang asam urat di Jepang menunjukkan bahwa semua jenis susu dan produk susu dikaitkan dengan kadar asam urat yang lebih rendah, meskipun versi rendah lemak lebih disukai.

Protein dalam produk susu juga dapat membantu tubuh membuang asam urat dan dapat membantu menurunkan kadar asam urat untuk mencegah kristal asam urat. Selain itu, mengonsumsi produk susu rendah lemak juga terbukti dapat membantu tubuh membuang asam urat melalui urin.

Sebuah artikel penelitian tahun 2021 meneliti prevalensi asam urat di Jepang dan potensi kaitannya dengan pola makan. Penulis artikel menyarankan, susu bubuk skim yang mengandung ekstrak lemak dan glikomakropeptida sejenis protein, dapat meredakan nyeri sendi dan mengurangi serangan asam urat selama 3 bulan.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)