5 Rekomendasi Tempat Kulineran Enak di Lombok, Sajikan Menu Nusantara hingga Western

Rabu, 10 Juli 2024 - 13:54 WIB
loading...
5 Rekomendasi Tempat...
Lombok tak hanya identik dengan destinasi wisata pantainya yang mendunia. Pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini juga terkenal sebagai surga kuliner. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Lombok tak hanya identik dengan destinasi wisata pantainya yang mendunia. Pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini juga terkenal sebagai surga kuliner.

Pasalnya, di tempat ini Anda tak hanya dimanjakan dengan pesona alam yang indah dan asri, namun juga pengalaman wisata kuliner yang memanjakan lidah.

Berikut 5 rekomendasi tempat kulineran terkenal yang ada di Pulau Lombok.


1. Resto Ayam Square

Resto yang terletak di Jalan Tambora, Kecamatan Selaparang, Kota Mataram, ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta masakan Nusantara, oriental, maupun western atau menu ala barat.

Sang pemilik resto, Mohammad Ghozali Al Hidayat menyebut, restonya menyajikan lebih dari 128 menu.

"Beragam menu ini tujuannya untuk menghadirkan sajian kuliner yang berbeda di Kota Mataram, dengan mengutamakan rasa bintang lima dan harga kaki lima," ujar Ghozali melalui keterangan tertulis.

Ghozali menambahkan, Resto Ayam Square sebenarnya sudah berdiri sejak 13 November 2017 dan awalnya dikerjakan sendiri, dibantu dengan lima orang karyawan.

Dari sisi menu, yang menjadi andalan adalah sapi lada hitam, ayam goreng rempah, nila saos padang, cumi cabe garam, capcay komplit, kwetiaw seafood, dan chicken butter garlic.

2. Sate Rembiga Ibu Hj. Sinnaseh

Tak hanya Madura yang punya menu sate lezat. Lombok juga punya sate rembiga yang merupakan sate daging sapi dengan cabai, bawang, asam jawa, terasi, ketumbar, dan gula merah.

Rasanya pedas manis dan jadi comfort food dengan tambahan kuah kaldu. Salah satu yang terkenal dan melegenda adalah Sate Rembiga Ibu Hj. Sinnaseh. Alamatnya di Jl. Dr. Wahidin, Rembiga, Selaparang, Mataram.

Tak cuma menjual sate rembiga, di sini Anda juga bisa mencicipi sate hati, sate pusut, bebalung, pelecing urap, hingga pepes kepala ikan.

3. Warung Bebalung Kelebet

Bagi Anda yang mencari menu hangat nan segar, jangan lupa mampir ke Warung Bebalung Kelebet. Lokasinya di Jl. HOS Cokroaminoto, Mataram.

Hidangan ini terbuat dari tulang iga sapi dengan bumbu cabai, bawang, kunyit, lengkuas, jahe, dan asam muda.

Nama bebalung sendiri berasal dari bahasa Sasak yang punya arti tenaga. Diyakini, usai makan semangkuk bebalung, maka tubuh jadi lebih bertenaga.


4. Sate Bulayak Suranadi

Sate bulayak seperti sate pada umumnya, dengan bahan dasar ayam, sapi, dan jeroan yang dipotong kecil. Perbedaannya ada pada lontong yang dililit daun aren yang membuatnya harum.

Untuk mencoba sate bulayak khas Lombok, datanglah ke Sate Bulayak Suranadi yang terkenal dan tak pernah sepi. Lokasinya di daerah Suranadi, Narmada, Lombok Barat, NTB. Buka dari pagi hingga menjelang maghrib. Harganya juga murah, mulai Rp1.000 per tusuk sate.

5. Nasi Balap Puyung Inaq Esun

Mencari wisata kuliner legendaris lainnya di Lombok? Datanglah ke Nasi Balap Puyung Inaq Esun!

Tempat makan ini sudah ada sejak 1970-an dan cuma menjual menu nasi balap puyung.

Kalau dilihat, dari segi penampilan, nasi balap puyung layaknya makanan rumahan. Memadukan nasi, belut goreng, ebi, kacang kedelai, kering kentang, ayam suwir, dan kelapa parut. Tapi rasanya boleh diadu.

Harganya juga terjangkau, sekitar Rp25.000. Untuk Anda yang mau ke sini, alamat Nasi Balap Puyung Inaq Esun berlokasi di Lingkung Daye, Puyung, Praya, Lombok.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1572 seconds (0.1#10.140)