5 Tips Hemat Liburan Keliling Eropa

Jum'at, 21 Juni 2019 - 05:20 WIB
5 Tips Hemat Liburan Keliling Eropa
5 Tips Hemat Liburan Keliling Eropa
A A A
Saat liburan dengan destinasi yang jauh, rasanya sayang jika hanya mengunjungi satu negarasaja. Misalnya saja Eropa, ada sekitar 30 negara yang bisa Anda kunjungi di sana. Lagi pula visa Schengen yang Anda butuhkan untuk liburan ke Eropa berlaku untuk seluruh negara Uni Eropa. Sayangkan jika hanya mengunjungi satu negara saja?

Untuk bisa liburan keliling Eropa memang membutuhkan persiapan yang khusus, selain waktu cuti yang panjang, Anda perlu menyiapkan bujet liburan dengan matang. Berikut ini adalah tips-tips yang bisa Anda ikuti agar tetap bisa hemat selama liburan keliling Eropa.

1. Mencari harga terbaik untuk tiket pesawat


Sebagai langkah awal, Anda harus mencari penawaran tiket pesawat murah terlebih dahulu. Ada beberapa periode promo dari beragam maskapai penerbangan yang memberlakukan harga promo untuk destinasi ke berbagai negara Eropa. Mencari informasi melalui internet atau mendatangi pameran travel bisa menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan.

Setelah itu, Anda juga harus merencanakan paket pembelian tiketnya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan memesan one way ticket, round-trip ticket, atau multi-city ticket. One-way ticket artinya Anda hanya membeli tiket berangkat saja, artinya Anda harus melakukan pembelian kembali untuk tiket pesawat pulangnya. Round-trip ticket, Anda membeli tiket pesawat untuk pergi-pulang, tapi harus dari negara yang sama. Artinya, tidak cukup praktis untuk misi liburan keliling Eropa kali ini.

Pilihan ketiga menjadi pilihan terbijak untuk liburan ini. Anda bisa memesan beragam destinasi di Traveloka hanya dengan melakukan satu pemesanan saja. Misalnya, Anda membeli tiket Jakarta-Milan untuk keberangkatan dan Madrid-Jakarta saat pulang nanti. Semuanya hanya dilakukan dalam satu kali proses saja.

Hal ini jelas sangat menghemat waktu Anda dalam merencanakan waktu liburan. Selain itu, saat berada di negara tujuan nanti, Anda akan memiliki waktu lebih banyak untuk mengeksplorasi negara tanpa harus kembali ke negara tertentu untuk mengejar pesawat pulang (jika menggunakan tiket round-trip).

2. Pilih penginapan yang murah

Liburan adalah waktu yang tepat untuk menikmati dan mengeksplorasi tempat-tempat yang baru pertama kali Anda lihat seumur hidup. Jadi, untuk apa memilih penginapan yang super mewah dengan fasilitas mahal di dalamnya. Mengingat hampir 60 persen waktu akan Anda habiskan di luar, ada baiknya memilih penginapan dengan harga yang murah sekadar untuk mengistirahatkan badan.

Saat ini ada begitu banyak pilihan tempat menginap saat berlibur. Pertama, Anda bisa memilih couch surfing yang menyediakan tempat beristirahat gratis dari warga lokal. Apalagi Anda bisa sekaligus mendapatkan tour guide lokal yang sangat bersahabat. Sebagai balasan terima kasih, Anda bisa membawakan oleh-oleh dari negara asal atau bersikap sopan saat menginap di sana.

Pilihan berikutnya adalah dengan menginap di hostel atau Airbnb. Kamar-kamar yang disewakan biasanya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan hotel. Kenyamanan pun bisa diandalkan karena Anda tetap membayar untuk sewa kamar tersebut. Lagi pula Anda juga melakukan pengecekan melalui ulasan yang diberikan oleh tamu-tamu yang pernah menginap di sana sebelumnya.

3. Gunakan transportasi umum

Saat berkeliling di salah satu negara, ada baiknya Anda menggunakan sarana transportasi umum sebagai alat mengeksplorasi kota. Bus menjadi sarana termurah untuk mengeliling Eropa, baik untuk perjalanan antarnegara atau perjalanan antarkota. Anda juga bisa membeli bus pass agar bisa lebih hemat saat melakukan perjalan di dalam kota.

Selain bus pass, Anda juga bisa membeli train pass. Anda menggunakan tiket ini untuk menaiki kereta api apa pun dan ke mana pun di sekitar 30 negara Eropa. Tentunya ini bisa menjadi langkah penghematan yang jitu saat ingin melakukan liburan keliling Eropa.

4. Cari wisata yang gratis atau murah

Eropa memiliki beragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Hanya saja Anda perlu melihat destinasi mana saja yang cocok dengan bujet. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada berbagai macam atraksi wisata yang bisa dikunjungi dengan biaya yang murah atau bahkan gratis.
Anda bisa mendatangi museum-museum bersejarah dengan tiket masuk gratis. Hal yang perlu dilakukan adalah mencaritahu informasi seputar museum apa saja yang menyediakan tiket gratis dan berlaku pada hari apa saja. Ada beberapa museum yang memberikanakses gratis pada hari Minggu pertama setiap bulannya.

5. Pilih waktu yang tepat

Harga tiket dan akomodasi bisa sangat melonjak saat musim-musim liburan. Jadi, ada baiknya Anda menghindari peak season seperti ini. Jangan pergi liburan saat musim panas atau musim dingin pada akhir tahun. Meskipun atraksi wisatanya sangat banyak dan menarik, bujet yang dibutuhkan pasti akan cukup banyak. Harga-harga ini biasanya akan mulai naik dari awal bulan Juni hingga akhir Agustus. Apalagi di bulan Agustus menjadi momen saat rata-rata orang Eropa mengambil jatah cuti tahunannya.

Momen yang tepat dan perjalanan yang direncanakan dengan baik menjadi hal yang penting untuk dilakukan jika Anda ingin liburan keliling Eropa dengan hemat. Hati terpuaskan dan keamanan dompet pun tetap terjaga. Semua puas 'kan?
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9309 seconds (0.1#10.140)